nhk

MotoGP 2013 Laguna Seca (Race): Marquez Bikin Rekor Lagi, Ingatkan Duel Rossi – Stoner

ManiakMotor – Sembilan ronde MotoGP sudah dilewati Marc Marquez di tahun pertamanya di kelas primer dengan hasil 8 podium. Rekor demi rekor berdatangan, terakhir di Laguna Seca (LS).

Kemenangan fantastis di LS tak cuma membuat posisi Marquez makin mantap di klasemen dengan 163 poin, mengalahkan senior Dani Pedrosa (147), Jorge Lorenzo (137) dan Valentino Rossi (117). Ia sekaligus menorehkan sejarah sebagai satu-satunya ruki yang mampu meraih kemenangan di sirkuit sesulit Laguna Seca.

Ia juga jadi ruki termuda yang bisa memenangi dua kemenangan MotoGP  berturut (Sachsenring dan Laguna seca) dalam musim pertamanya dalam usia 20 tahun 154 hari. Ia lampaui rekor Freddie Spencer pada 1983 dengan usia 21 tahun 194 hari. Kala memenangi GP Austin lalu, Marquez juga merontokkan rekor Spencer sebagai ruki termuda pemenang kelas primer.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Belum cukup, Marquez pun buka babak baru duel-duel khusus dengan sang idola Valentino ‘The Doctor’ Rossi. Aksinya menyalip Rossi dari luar lintasan jadi catatan tersendiri, sebab dilakukan pada wilayah Corkscrew yang terkenal sebagai jalur palingmaut di Laguna Seca. Jangankan menyalip lawan, untuk lewat mulus saja di kawasan itu pembalap kudu ekstra waspada. Tapi, Marquez melakukannya dengan modal nyali dan skill mumpuninya.

Buat sampeyan yang penonton senior MotoGP, aksi itu tentu mengingatkan pada duel sengit Rossi – Casey Stoner di Laguna Seca 2008 yang berujung pada permusuhan abadi keduanya. Asal ingat saja, Rossi juga menyikat Stoner dengan cara sama dan di tempat sama. “Tapi, sedikit bedalah. Aksi Valentino saat itu lebih spektakular,” ujar Marquez yang memang selalu merendahkan diri pada Rossi.

Maklum, kala The Doctor malang melintang di kelas primer, Marquez masih seorang bocah ingusan dan sangat mengidolakan Rossi. Aksi-aksinya pun banyak tersinspirasi oleh aksi-aksi Rossi, termasuk di Corkscrew kali ini dan insiden Marquez – Lorenzo di Jerez yang ia ingat betul sama dengan kasus Rossi – Sete Gibernau 2005 di lokasi sama. Hitung saja Masbro, saat jaya-jayanya Rossi itu, umur Marquez baru 12 tahun dan selalu ngotot untuk foto bareng dengan The Doctor.

Usai melibas sang idola, Marquez pun mengaku tak terburu-buru untuk menyusul Stefan Bradl. Dari belakang, ia mengamati dan mencermati pergerakan eks musuh bebuyutannya di Moto2 2011 itu. “Saya pelajari beberapa lap sembari menentukan lokasi mana kira-kira bisa meyalipnya dan akhirnya berhsail. Ini kemenangan luarbiasa, tak terduga sama sekali karena ini adalah penampilan pertama di Laguna Seca,” tambah Marquez yang sempat diisukan latihan sehari di LS dengan motor biasa, sebelum seri Sachsenring digelar. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Laguna Seca (Race): Rossi Akui Kekalahan, Dendam Pada Marquez

MotoGP 2013 Laguna Seca (Race); SSG Honda Kuat Tanjakan, SSG Yamaha Tunggu Saja..!

MotoGP 2013 Laguna Seca (Race); Marquez Juaranya, Honda Rajanya..!

MotoGP 2013 Laguna Seca Warm Up; Lagi Bradl Dan Marquez, JL Ke-3

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353