nhk

MotoGP 2013: Langkah Lanjutan Ducati, Fokus Main di Kandang

ManiakMotor – Meski sudah dimiliki perusahaan Jerman, Ducati tetap merasa Italiano dan tak ingin dipermalukan pada partai kandang, GP Italia, Juni nanti. Persiapan lebih dini pun digeber.

Pabrikan Italia itu menggelar tes khusus di Sirkuit Mugello, Italia, Rabu dan Kamis (9/5) dengan pasukan lengkap. Selain melanjutkan tes Desmosedici baru yang sudah dijajal di GP Spanyol, tes ini sekaligus persiapan ke GP Prancis minggu depan dan selanjutnya GP Italia di Mugello.

Pembalap regular Andrea Dovizioso dan Nicky Hayden dapat tugas paling banyak. Hari pertama digunakan untuk meneruskan pengembangan Desmo baru yang dipasok dengan mesin dan sasis anyar. Kali ini dilengkapi dengan peranti geometry dan elektronik yang mengalami revisi dibanding versi sebelumnya. Hari kedua, fokus set-up untuk GP Italia mendatang. Sayangnya, tak ada catatan waktu yang bisa dijadikan komparasi karena Ducati sendiri sepertinya merahasiakan kecepatan yang sekarang mereka miliki di Mugello.

“Pokoknya tak buruklah meski tetap harus ditingkatkan lagi. Yang jelas, menurut saya trek Mugello sangat cocok dengan karakteristik Desmosedici GP13,” ujar Dovizioso, rider tulen Italia yang akan melakoni debutnya main di kandang, GP Italia, nanti bersama motor made in Italy. Saking seriusnya Dovi, ia lahap 42 laps pada hari Rabu dan Kamis memainkan 54 laps.

Hayden pun lebih bersemangat, terlebih cedera di pergelangan tangannya sudah membaik. “Akan bisa diperbandingkan jika nanti kami sudah beradu dengan tim lain di sini. Saya kira tes ini sangat membantu. Semoga kami nanti bisa memberi kebanggaan pada fans Ducati yang biasanya memadati Mugello.”

Dua tes rider Ducati juga ikut tes dengan tugas berbeda. Michele Pirro untuk mempersiapkan diri ke GP Prancis sebagai pengganti Ben Spies (Pramac Ducati) yang cedera. Sementara Franco Battaini meneruskan pengembangan spek baru Desmosedici.  

Semoga saja Ducati sudah dapatkan set up yang pas untuk Mugello nanti. Pasalnya, Mugello adalah kandang sendiri. Akan jadi lebih seru lantaran Valentino Rossi dan Yamaha-nya pun merasa main di halaman rumah sendiri. Andro

Berita Terkait

Klasemen MotoGP 2013, Moto2 2013, Moto3 2013 Usai Jerez

MotoGP 2013; Lorenzo Protes Keras Soal Ban

MotoGP 2103: Media Kompori Marquez-Lorenzo, Kejahatan Lama Diungkit

MotoGP 2013 Jerez (Tes): Ducati Versi Baru Membaik, Dovi – Hayden Bergairah

MotoGP 2013 Jerez: Ini Lho Penampakan Ducati Baru Itu, Wuihhhh…

 

BAGIKAN