nhk

MotoGP 2013, Latihan (Tes) Austin: Pesona Marquez Bikin Panas Internal, Pedrosa Terancam

 

ManiakMotor – MotoGP  modern bukan lagi sekadar balapan. Sudah menjadi industri bisnis hiburan. Namanya bisnis, segala sesuatunya bisa berlangsung kejam. Itu satu aspek menarik dari dua hari tes privat MotoGP di Austin, Texas, AS. Untuk kali kedua berturut Matador muda Marc Marquez bisa menekuk Dani Pedrosa, sesama Matador di Repsol Honda.

Gebrakan Marquez tak pelak membuatnya semakin spesial di kubu Repsol Honda, bahkan seantero Spanyol.  Anak kesayangan ‘tim nasional’ Spanyol itu kini lebih mendapat tempat di publik dibandingkan dua seniornya sesama Spanyol, Pedrosa dan Jorge Lorenzo (Yamaha). Ia lebih menguasai ‘pasar’ dan lebih cepat mendapatkan publisitas. Simak di jejaring sosial, sambutan pada Marquez jauh lebih menjual daripada Pedrosa.

“Jika di beberapa seri awal Marquez bisa mengimbangi Pedrosa, sangat mungkin terjadi perubahan strategi di kubu Repsol Honda. Bukan lagi Pedrosa, tapi justru Marquez yang didorong menjadi juara dunia 2013,” komentar penulis senior MotoGP Frank Melling dalam sebuah artikel panjangnya di MCN.

Melling mencermatinya dari kaca mata bisnis, untuk kepentingan publisitas sponsor.  Sosok Marquez di mata media jauh lebih mempesona dibandingkan Pedrosa. Anak muda 20 tahun itu, lanjutnya, bisa menjadi PR (Public Relation) andal bagi diri maupun timnya. Cerdas, selalu senyum, agresif, kadang kontroversial, dan banyak bicara adalah hal lain yang membuatnya selalu lebih dari Pedrosa. Pedrosa bukanlah seorang figur selebriti yang dikehendaki media karena tak banyak cingcong dan selama ini jauh dari kontroversi. Marquez sangat memiliki kapabilitas menjadi entrepreneur sekaligus selebriti MotoGP sebagaimana Valentino Rossi di masa-masa awalnya.

Menyimak fakta terkini, apa yang diapungkan Melling sangat besar kemungkinannya terjadi. Peralihan target dari Pedrosa ke Marquez sangat mungkin terjadi karena bukan rahasia umum lagi kalau Marquez itu pun sangat ambisius. Ingat komentar Rossi saattes pertama Sepang? The Doctor bilang anak itu bertarung gila-gilaan seolah ingin menjadi juara dalam kesempatan pertamanya.

Karakter ambisius dan ingin hasil cepat itu kembali dipertunjukkan Marquez di hari kedua tes Austin, Rabu (13/3). Ia catatkan fastest lap pada putaran ke-39 dari 55 lap yang ia lakukan. Beda dengan hari pertama, yang ia bikin waktu tercepat di lap 54 dari 55.

“Saya memang ingin bikin waktu tercepat sejak awal, tapi dapatnya baru di lap 39. Melaju ke batas maksimum agar sisa waktu berikutnya bisa mempelajari banyak hal lainnya, terutama kinerja elektronik. Saya bersyukur semua kru tim membantu saya,” ujar Marquez yang bisa mempertajam waktu dari 2:04,619 di hari pertama jadi 2:03,853 di hari kedua. Pedrosa kalah 0,123 detik saja dan terbilang tipis tapi judulnya ya tetap kalah.

Duel lanjutan Marquez-Pedrosa berlangsung Kamis (14/3). Hanya mereka yang bakal jadi pusat perhatian kaum MotoGP mania sedunia karena para pembalap Yamaha memutuskan cabut duluan. Bagaimana perang internal di kubu Repsol Honda ini, moggo ditunggu hasil akhirnya. Andro

BERITA TERKAIT

Hasil Austin Test MotoGP 2013, 12 – 14 Maret 2013

MotoGP 2013 Tes Austin; Rossi Dan Lorenzo Akui Lawan, Kalah Akselerasi

MotoGP 2013; Tes Austin, Huhuiii… Marquez Kembali Sentil Seniornya, Rossi Ke-5

MotoGP 2013 : Latihan Austin (Test), Lorenzo Butuh Waktu Belajar

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353