nhk

MotoGP 2013 Le Mans (Jelang Race): Biarpun Start Ke-8, Rossi Masih Meyakinkan

ManiakMotor – Bigboss Yamaha merasa timnya gagal memenuhi permintaan Valentino Rossi, tapi yakin The Doctor bisa berbuat lebih saat balapan. Ia akan menggunakan set-up yang membuatnya melejit di FP2.

Entah benar-benar yakin atau sekadar menghibur dan beri dorongan moril, itulah yang disampaikan Direktur Tim Yamaha Factory Racing Massimo Meregalli menyikapi performa Rossi yang antiklimaks di sesi kualifikasi GP Prancis yang berlangsung Sabtu, 18 Mei 2013. The Doctor akhirnya hanya dapat tempat grid 8 saat balapan resmi pada Minggu (19/5).

“Kami gagal membangun set-up motor sesuai kehendak Rossi. Semua data dibongkar dan dianalisa ulang untuk membuat settingan terbaik untuknya. Mudah-mudahan cuaca mendukung saat sesi warm-up agar motor bisa dimaksimalkan. Memang sulit start dari urutan 8, tapi Rossi seorang petarung sejati dan posisi itu tak menghalanginya membuat sesuatu yang tak mungkin,” tegas Meregalli yang pastinya keluarkan perintah untuk semua kru teknis Rossi agar semangat….semangat…semangat. Semoga Rossi masih semangat, hehehe.

Dari sejarah perjalanan Rossi, posisi tersebut memang bukanlah berarti kiamat buat The Doctor. Ia bisa menyodok dari posisi berapa pun asalkan dapat set-up apik di saat race. Contoh terakhir di GP Qatar lalu, start dari urutan 7 dan terkendala di awal lomba, toh akhirnya ia bisa fight melawan Marc Marquez dan sukses jadi runner-up dan bikin Yamaha finish 1-2.

Rossi sendiri jelas kecewa dan mangkel. Bukan karena posisi startnya ke-8, tapi lebih karena ketidakkonsistenan M1-nya mengarungi semua sesi. Naik turun di semua sesi, kadang apik kadang sebaliknya. “Hari ini benar-benar buruk, jauh lebih buruk dari kemarin. Makin menggeber motor, makin terasa masalahnya. Khususnya saat kualifikasi, saya tak bisa dapatkan apa yang saya mau,” ujar The Doctor membandingkan sesi FP Jumat yang membuatnya girang dengan seluruh sesi Sabtu yang bikin manyun. Bukan ngarang Bro, Sabtu itu The Doctor memang manyun kok!

Tapi, bukan The Doctor namanya kalau hal itu bikin putus asa. Kesempatan menguji setingan terbaik ada di sesi warm-up dan beberapa jam waktu jedah untuk masuk race dalam kondisi maksimal. “Kami harus temukan sesuatu sebagai solusinya,” ujarnya mengingatkan waktu yang sempit itu sembari tetap berharap race berlangsung normal dalam arti tidak disertai hujan. Ia berkeyakinan M1 akan lebih galak di lintasan kering dibandingkan wet race.

Rossimania yang sepanjang Jumat ikut girang melihat performa The Doctor, tentunya berharap sesi warm up bisa benar-benar bikin panas lagi dengan perbaikan performa motor sang idola. Dengan begitu, suasana lomba bakal tambah panas meskipun cuaca selalu mendung di Lembang, eh Le Mans maksudnya. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Le Mans Prancis, Semua Sesi, 17-19 Mei 2013

MotoGP Prancis 2013 Menuju Race; Menunggu Duel Ulangan Lorenzo Vs Marquez Di Le Mans..!

MotoGP 2013 Le Mans (Jelang Raceday): Ducati 3 Besar, Dovi Sendiri Kaget

MotoGP 2013 Le Mans (Q2): Marquez Pole Sitter, Rossi Ke-8, Ducati 3 Besar

 

BAGIKAN