nhk

MotoGP 2013 Le Mans (Jelang Race): Patah Tulang dan Muntah Darah, Cructhlow Terancam DNS

ManiakMotor – Kecelakaan parah di FP4 menyisakan persoalan bagi Cal Crutchlow (Monster Yamaha Tech3) dan itu mengingatkan publik pada peristiwa heroiknya di GP Inggris 2012.

Kecelakaan lumayan dahsyat itu membuat pacuan The Black Yamaha amburadul dan Cructhlow kesakitan. Ia akui kecelakaan itu akibat tindakan bodohnya sendiri, langsung gas pol dengan suhu ban belum ideal. Rider  andalan Inggris ini pun ngotot ikut sesi kualifikasi dengan motor cadangan, dan hebatnya dalam kondisi kesakitan bisa nangkring  urutan 4 di bawah Marc Marquez, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso. Itu posisi yang sangat memungkinkan baginya untuk raih podium perdana.

Tapi, masalahnya kini berbeda. Bisa tidaknya Crutchlow bertarung ditentukan oleh dokter dalam pemeriksaan di Pusat Medis pada Minggu (19/5) pagi sebelum balapan siang harinya. Pasalnya, dalam pemeriksaan kemarin, diketahui kalau ada sedikit patah tulang kering di kakinya. Dikhawatirkan ada juga luka dalam karena ia sempat muntah darah dan mimisan berat.

Menurut dokter, patah tulang itu berpotensi bengkak pada malam harinya dan mengganggu pergerakan lutut dan jelas sagat berbahaya untuk ikut balapan. Itu sebabnya Crutchlow harus balik utuk pemeriksaan ulang untuk direkomendasikan balapan atau tidak.

Dengar soal itu, Crutchlow pastilah galau. “Soal sakit, jelas saya kesakitan. Benar keluar muntah darah dan keluar darah dari hidung, tapi itu normal terjadi dalam kecelakaan motor. Itu pun sudah berhenti saat ini. Lagipula, seusai kecelakaan, saya langsung naik motor lagi dan ikut kualifikasi. Jadi, saya harap, pemeriksaan lanjutan nanti juga tak bermasalah dan bisa terus ikut balapan,” kata Crutchlow yang terkenal ngeyel di medan laga.

Ngeyelnya itu mengingatkan peristiwa serupa pada GP Inggris 2012. Ia tak ikut sesi kualifikasi akibat kecelakaan fatal pada sesi FP3 akibat retak tulang kaki. Namun, ia tetap ngotot ikut lomba di hadapan fans sendiri. Setelah perdebatan, ia akhirnya boleh ikut balap dengan suntikan dan semprotan penghilang rasa sakit di kakinya. Start dari belakang (urutan 20), pemuda 27 tahun itu pun bertarung heroik dan finish ke-6 dengan sambutan standing aplaus dari seluruh penonton di Sirkuit Silverstone.

Bagaimana di Le Mans, itu bergantung apa kata dokter. Ia bisa balapan atau bakal berstatus DNS (do not start) ditentukan beberapa saat sebelum balapan. Yang pasti, ia tak pernah berangan-angan jadi DNF (do not finish) saat balapan. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Le Mans Prancis, Semua Sesi, 17-19 Mei 2013

MotoGP 2013 Le Mans (Jelang Race): Biarpun Start Ke-8, Rossi Masih Meyakinkan

MotoGP Prancis 2013 Menuju Race; Menunggu Duel Ulangan Lorenzo Vs Marquez Di Le Mans..!

MotoGP 2013 Le Mans (Jelang Raceday): Ducati 3 Besar, Dovi Sendiri Kaget

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353