nhk

MotoGP 2013 Le Mans Prancis (Jelang Race): Semua Tolak Hujan, Fight di Depan

 

ManiakMotor – Ramalan cuaca yang sering tak benar itu bilang Minggu (19/5) siang kemungkinan turun hujan di seputar Sirkuit Le Mans, Prancis, tempat ronde 4 MotoGP digelar. Ramalan itu bikin pembalap deg-degan.

Padahal ramalan versi Prancis sudah canggih dengan metrologi dan geo fisikanya. Tetap saja ramalannya seperti Eyang Subur, tak pasti. Sabtu disebut curah hujan 70 persen, tetapi sampai selesai qualifying 2, tetap kering, langit hanya mendung. Hujan baru turn saat QTT Moto2 berlangsung, itu pun gerimis doang. Berarti hanya 2 persen, bukan 70 persen. Sumpah, kellihatan di tv kok, bukan di tempat.

Makin deg-degan lagi, dua hari persiapan sepanjang Jumat dan Sabtu, tak ada kesempatan  set-up motor di lintasan basah. Itu sebabnya, Valentino Rossi yang musim lalu tampil hebat kala hujan, tahun ini malah lebih suka kering karena faktor teknis itu.

Marc Marquez yang akan start dari pole position pun berharap kering dan panas karena pacuannya terbukti mumpuni di lintasan macam itu. “Kalaupun hujan, saya hanya perlu berusaha sebaik-baiknya. Apapun kondisi cuacanya, saya akan berlomba 100%,” ujar Marquez yang meraih 2 pole dalam 4 penampilan MotoGP

Jorge Lorenzo malah senang karena hari kedua berhasil mengupgrade M1-nya saat kering, karena hari pertama dianggap memble. “Saya tak tahu apa yang akan terjadi jika besok hujan karena kami sama sekali tak latihan dalam kondisi basah. Tahun lalu hasilnya baik di lintasan basah, tapi selalu bisa berubah keadaannya. Harapan sih jangan hujan. Kalaupoun hujan saya tetap optimis menangguk poin penting asalkan tak membuat kesalahan,” katanya.

Kesalahan yang ia maksud mungkin semacam insiden R13 Jerez dengan Marquez itu. Keduanya bakal fight ulang karena start bareng dari fron row. Sangat mungkin terjadi dua-duanya tarik-tarikan dan pepet-pepetan lagi saat lomba, sejak start hingga finish. Apalagi, Lorenzo yakin pacuannya sebenarnya tak kalah kencang dari Marquez. “Gagal meraih pole bukanlah masalah besar. Marc memang sedikit lebih cepat, tapi saya yakin bisa bertarung untuk perebutan gelar juara,” tandasnya.

Ya, agar kembali memimpin klasemen sekaligus menjaga diri di jalur juara 2013, Lorenzo memang harus menekuk Marquez kali ini. Mumpung selisih poin masih kecil. Tapi, jangan lupa Masbro, di sebalahnya ada Andrea Dovizioso (Ducati) yang juga start bareng dari depan. Italiano satu ini pun bisa merusak formasi selepas start mengingat strategi startnya yang terbilang apik. Seperti yang lain, Dovi pun ingin lintasan kering meski juga siap main basah-basahan. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Le Mans Prancis, Semua Sesi, 17-19 Mei 2013

MotoGP Prancis 2013 Menuju Race; Menunggu Duel Ulangan Lorenzo Vs Marquez Di Le Mans..!

MotoGP 2013 Le Mans (Jelang Raceday): Ducati 3 Besar, Dovi Sendiri Kaget

MotoGP 2013 Le Mans (Q2): Marquez Pole Sitter, Rossi Ke-8, Ducati 3 Besar

 

BAGIKAN