nhk

MotoGP 2013 Le Mans Prancis (Race): Babak Baru Crutchlow, Sempat Takut Lihat Marquez

ManiakMotor – Sehari setelah muntah darah, Cal Crutchlow bikin prestasi tertingginya di ajang MotoGP. Rasa sakit ditahan sepanjang lomba.

Meski bukan rider tim pabrikan, Crutchlow yang hanya pembalap satelit Yamaha Tech3 itu mampu mencuri perhatian komunitas MotoGP sejak sesi tes pra musim lalu. Ia berkali-kali ungguli pembalap tim pabrikan Yamaha Factory Racing di sejumlah sesi latihan.

Di GP Prancis, Le Mans, Minggu (19/5), Crutchlow tak lagi hanya unggul di sesi latihan tapi jadi satu-satunya Yamaha di podium sebagai runner-up, berdampingan dengan duet Repsol Honda Dani Pedrosa dan Marc Marquez.  Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi yang berbendera pabrikan hanya finish ke-7 dan 12.

Itu raihan tertinggi Crutchlow sejak main di MotoGP pada 2011. Prestasi maksimal sebelumnya adalah podium ketiga pada GP Ceko dan Australia musim 2012. Tahun lalu ia akhiri kompetisi di urutan 7 klasemen dengan nilai poin 151.

Yang menarik, Crutchlow bertarung di Le Mans sesungguhnya tak dalam kondisi ideal, fisik maupun bathinnya. Secara fisik, ia masih menanggung rasa sakit di kaki kanan akibat sedikit retak tulang keringnya dari kecelakaan pada hari sebelumnya. Kecelakaan itu pun bikin ia sempat muntah darah dan mimisan, nyaris tak dibolehkan ikut lomba.

Batinnya juga sedang tak nyaman karena isu santer yang menyebut ia akan diganti Pol Espargaro (pembalap Moto2) pada musim 2014, sesuai keinginan Yamaha. Namun, rupanya, semua itu justru jadi motivasi Crutchlow untuk memberikan bukti layak dipertahankan, bahkan dipromosikan. Runner-up di Le Mans semacam tamparan buat pihak-pihak yang ingin medongkelnya dalam tim.

Dan, pertarungan dalam kondisi kesakitan bukan hal pertamanya. Di GP Inggris musim lalu ia ngotot tarung meski belum sembuh dari cedera akibat kecelakaan di sesi FP3. Akhirnya, ia bisa finish ke-6 meski start dari urutan 20.

So, harap maklum kalau Crutchlow girang luarbiasa di Le Mans. Apalagi, di Prancis itulah sarang tim Yamaha Tech3 dan sponsornya. “Sungguh menyenangkan bisa begini di home race Tech3 dan pada event milik sponsor kami,” kata Crutchlow.

Kunci suksesnya, katanya, tak lain karena kru teknis Tech3 mampu membuat setingan paten pada motor cadangannya karena motor utama telah amburadul usai kecelakaan. Dan, ia sendiri pun bertarung penuh semangat karena keinginan naik podium. “Saya menjalani lomba yang hebat. Jelang akhir lomba, saya tahu Marc (Marquez) sudah mendekat di belakang. Saya sempat takut lho!” guyon Crutchlow sembari tertawa.

Hahaha… Ya, ikut tertawa dong. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Le Mans Prancis, Semua Sesi, 17-19 Mei 2013

MotoGP 2013 Le Mans (Race): Tak Perlu Diajari, Yamaha Janji Akan Bangkit

MotoGP 2013 Le Mans (Race): Honda Meraja, Crutchlow Bintangnya

MotoGP 2013 Le Mans (Jelang Race): Warm Up di Lintasan Basah, Crutchlow Layak Tarung, Rossi Kerepotan

MotoGP 2013 Le Mans (Jelang Race): Patah Tulang dan Muntah Darah, Cructhlow Terancam DNS

BAGIKAN