nhk

MotoGP 2013 Le Mans Prancis (Race): Gagal Podium, Dovi Tetap Hepi Kok

ManiakMotor – Jangan berpikir Andrea Dovizioso kecewa berat karena gagal ke podium kejuaraan GP Prancis, Le Mans, Minggu (19/5). Ia ngaku girang dengan posisi keempat dan yakin Ducatinya bakal jaya di medan basah.

Sejak sesi kualifikasi, anak Italia yang gabung di timpabrikan Italia itu memang layak dapat sorotan. Jarang-jarang Ducati bisa 3 Besar kualifikasi, di lintasan kering pula. Dan, saat balapan, ia memimpin selepas start. Walau tampuk kepemimpinan itu hanya sementara. Yang sudah pernah memimpin, coy.

Dan, sejak itulah aksi Dovi menjadi tontonan utama sepanjang 14 laps tarik-tarikan dan berualangkali saling susul dengan Dani Pedrosa. Cengekeraman roda Ducati di dalam genangan air, katanya, benar-benar luar biasa. Ia pun sangat menikmati atmosfer balap seperti itu, karena inilah kali pertama ia dan Ducati bisa tempur di baris depan. Memang enak kalau disorot kamera terus, jadi seleb.

Sayang, seiring dengan mengeringnya lintasan, performa Desmosedici GP13-nya pun keteteran dan ditinggal jauh Pedrosa yang kemudian melaju seng ada lawan. Cal Crutchlow (Yamaha Tech3) pun merapat dan jadi lawan Dovi berikutnya. Lima lap sebelum lomba usai, Dovi pun harus relakan posisi nomor dua ke tangan Crutchlow.

Tak lama, datang pula Marc Marquez untuk merebut posisi podiumnya. Dovi tak berdaya, terlebih Marquez sendiri saat itu sudah menemukan irama bermainnya sehingga bisa kencang dari urutan 8 sebelumnya. Kalau dengan Pedrosa bisa 14 laps pertarungan saling susul di tengah genangan air, tak demikian dengan Marquez di atas RC213V-nya. Hanya dengan sekelebatan saja, ia bisa mencaplok posisi Dovi dan melaju hingga finish ketiga. Tapi, itu tadi, finish ke-4 sudah bikin Dovi bahagia.

“Separoh lomba aku jalani di posisi terdepan, sungguh luar biasa. Andai air tak cepat kering di lintasan, mungkin beda hasilnya. Terpenting kini kami sangat yakin punya kekuatan di trek basah, traksi roda kami sangat baik. Kami harus senang dengan pencapaian ini,” kata mantan rider Repsol Honda dan Monster Yamaha Tech3 itu.

Kalau begitu, berharaplah hujan di setiap lomba hehehe! Andro

Berita Terkait 

Hasil MotoGP Le Mans Prancis, Semua Sesi, 17-19 Mei 2013

MotoGP 2013 Le Mans (Race): Tak Perlu Diajari, Yamaha Janji Akan Bangkit

MotoGP Prancis 2013: Keoknya Rossi Dan Lorenzo Di Le Mans, Haruskah Panggil Furusawa

MotoGP 2013 Le Mans (Race): Honda Digdaya, Skor 3-1, Tanda Tanya Yamaha

MotoGP Prancis 2013 (Race); Honda Pedrosa Dan Marquez, Terbukti Di Lintasan Basah Le Mans..!

BAGIKAN