nhk

MotoGP 2013 Le Mans Prancis (Race): Tak Perlu Diajari, Yamaha Janji Akan Bangkit

ManiakMotor – Tim sekaliber Yamaha Factory Racing pastilah dihuni seabrek insinyur pintar. Mereka tak perlu diajari untuk berbuat apa menyikapi tragedi Le Mans yang barusan terjadi. Hanya perlu diingatkan, hehe.

Yoi Brosist, mengingat nama besar YFR di ajang MotoGP plus dua pembalap top dunia Valentiono Rossi dan Jorge Lorenzo, hasil GP Prancis bisalah dibilang tragedi tambahan. Sebab, bukan Lorenzo atau Rossi yang naik podium, tapi Cal Crutchlow yang membawa bendera tim satelit Monster Yamaha Tech3.

Hasil yang sama sekali tak membuat nyaman seperti diakui para petinggi YFR lewat rilisnya seusai lomba. “Kami punya problem tapi tak bisa sebutkan sekarang, tim sedang mendalaminya. Yang paling penting dalam siatuasi balap sesulit ini, pembalap kami tak celaka dan cedera. Kehilangan begitu banyak poin tentulah sebuah drama yang menyedihkan. Kami akan lebih fokus dan mengejarnya di sisa balapan berikut,” janji  Manajer Tim YFR Wilco Zeelenberg.

Ia memaklumi hasil akhir yang dicapai Lorenzo dan Rossi yang memang kesulitan dengan ban, khususnya Lorenzo. Setelah melaju empat laps, kata Lorenzo, pacuannya dapat masalah di berbagai area. Zona pengereman, di dalam tikungan, maupun saat keluar tikungan. “Saya tak yakin dengan kinerja roda belakang yang banyak melintir. Begitu pun saat berakselerasi,” keluh Lorenzo yang musim lalu juara dengan selisih 20 detik di Le Mans dalam kondisi cuaca serupa.

Sebaliknya dengan Rossi dari urutan 8 ke zona podium, tapi mengendur ulang. Lalu kecelakaan yang ia alami terbilang aneh karena pengakuannya tiba-tiba merasa melindas permukaan aspal yang tak rata. “Tak terlalu cepat dan saya tak merasa bikin kesalahan apa pun. Mendadak saja roda seperti membentur sesuatu dan kehilangan grip di roda depan,” tuturnya sembari menambahkan dari segi kecepatan ia tak mengeluhkan M1. Hanya saja, kerusakan pada motor membuatnya terkendala saat berusaha mengejar ketertinggalan.

Seperti Zeelenberg, Direktur Tim YFR Massimo Meregalli pun tentunya ikut prihatin dengan hasil itu. Apalagi, ia sempat gembira luar biasa saat Rossi bisa melejit dari urutan 8 ke baris depan. “Kami akan membongkar semua data di motor Jorge untuk mencari apa yang terjadi. Mustahil menemukannya saat ini, tapi kami pasti akan mengetahuinya sembari bersiap ke Mugello,” katanya.

Wuih, Mugello kandangnya Rossi tuh Om, GP Italia! Betul, harus bangkit dan bikin perhitungan di sana. Ditunggu ya! Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Le Mans Prancis, Semua Sesi, 17-19 Mei 2013

MotoGP Prancis 2013: Keoknya Rossi Dan Lorenzo Di Le Mans, Haruskah Panggil Furusawa

MotoGP 2013 Le Mans (Race): Honda Digdaya, Skor 3-1, Tanda Tanya Yamaha

MotoGP Prancis 2013 (Race); Honda Pedrosa Dan Marquez, Terbukti Di Lintasan Basah Le Mans..!

BAGIKAN