nhk

MotoGP 2013 Le Mans (Race): Honda Digdaya, Skor 3-1, Tanda Tanya Yamaha

 

 

ManiakMotor – Usai GP Prancis berarti sudah empat ronde MotoGP 2013 bergulir. Hasilnya, 3-1 buat Honda. Hanya seri pembuka GP Qatar yang diambil Yamaha dengan double podium. Tiga lainnya di Austin, Jerez, dan Le Mans membawa duet Dani Pedrosa – Marc Marquez ke podium.

Jerez dan Le Mans yang dalam teori dan tradisinya seharusnya milik Yamaha, ternyata Honda juga yang meraja. Ada apa dengan Yamaha?

Pertanyaan itu menarik mengingat komentar Davide Brivio yang beberapa hari lalu dimuat maniakmotor.com. Mantan Manajer Tim Yamaha Factory Racing yang dekat dengan Valentino Rossi itu merasa ada yang aneh pada YZR-M1 2013. Kalau hanya Valentino Rossi yang keok, bolehlah dibilang faktor umur atau adaptasi ulang dengan M1 yang sudah dua tahun ia tinggalkan. Tapi, faktanya, Lorenzo juga keteter. Padahal, spek motor ini dibuat untuk dirinya dan berdasarkan masukannya sendiri.

“DNA (inti sari) M1 saat ini dengan M1 dulu sama saja, sama hebatnya. Ada sesuatu yang bikin set-up motor acap tak sempurna. Dengan dua pembalap hebat di dalamnya, seharusnya Yamaha mudah mengetahui persoalan itu dan dapatkan solusinya,” ujar Brivio.

Seusai GP Prancis barusan, omongan Brivio layak dicermati. Berbagai varian set up sudah dicoba di beberapa sesi. Tapi tetap saja FP1, 2, dan 3 milik rider Honda sebagai tercepat. Hanya pada sesi FP4 dan warm up Lorenzo tampil tercepat. Namun, harap diingat, sesi ini bukanlah tempatnya pol-polan cari waktu. Beda dengan FP1 sampai 3 yang berkaitan langsung dengan QTT sesuai regulasi baru. Ketika satu masalah tertanggulangi, justru muncul masalah lain seperti dialami Rossi yang apik di FP2 tapi seterusnya kewalahan.

Tanda tanya Brivio sebenarnya gampang jawabnya jika ditanyakan pada Lorenzo dan Rossi. Nah, kalau bro-bro itu yang ditanya, jawabnya pasti balik ke soal SSG (Seamless Shift Gearbox) yang sudah dipakai Honda lebih dulu. Jika sampeyan rajin baca portal ini, pastilah tahu apa itu SSG dan bagaimana sejarah dan fungsinya. Sejak akhir musimlalu peranti itulah yang dimohon Lorenzo pada Yamaha dan belakangan juga diamini Rossi. Menurut mereka, itulah yang bikin Honda unggul saat berakselerasi ke luar tikungan. Pergerakan motor begitu mulus dan cepat dalam perpindahan gigi.

Apakah benar hanya karena faktor SSG, tentu sulit dipastikan sepanjang Yamaha belum memasok barang itu, yang katanya masih dalam taraf pengembangan di pabrik Jepang.

Yang jelas, lampu kuning sudah menyala karena ternyata pergerakan Honda sama mulusnya di lintasan kering maupun basah, dalam cuaca panas maupun teduh. Di klasemen pembalap, dua tempat teratas milik Honda. Di kejuaraan konstruktur, Honda pun sudah leading 47 poin (160 versus 113).

 Jadi, memang saatnya Yamaha bergerak agar tak teretinggal lebih jauh pada paroh musim nanti. Apakah SSG solusinya, ya ndak tahu, terserah Yamaha. Kita mah urusannya bagaimana supaya tontonan seru dan tarik-tarikan rapat, itu tok!  Andro

 

Berita Terkait

Hasil MotoGP Le Mans Prancis, Semua Sesi, 17-19 Mei 2013

MotoGP Prancis 2013 (Race); Honda Pedrosa Dan Marquez, Terbukti Di Lintasan Basah Le Mans..!

MotoGP 2013 Le Mans (Race): Honda Meraja, Crutchlow Bintangnya

MotoGP 2013 Le Mans (Jelang Race): Warm Up di Lintasan Basah, Crutchlow Layak Tarung, Rossi Kerepotan

MotoGP Prancis 2013 Jelang Le Mans: Waduh, Ternyata Rossi Nggak Nyaman Dengan M1

 

 

BAGIKAN