nhk

MotoGP 2013: Lorenzo Mulai Bersiap ke Sachsenring, Tugas Baru Buat Rossi

ManiakMotor – Secara fisik Jorge Lorenzo sudah mulai membaik. Semangat pun oke untuk tempur lagi. Sayangnya, yang menanti di depan adalah trek Sachsenring yang bukan favoritnya.

Senin malam waktu Spanyol atau Selasa (2/7) dinihari di sini, rider Yamaha Factory Racing itu memeriksa ulang kondisi tulang bahu kirinya yang patah. Berdasarkan pemeriksaan x-ray dan tes sejumlah gerakan tubuh, Dr. Teresa Sola membuat kesimpulan tak ada kerusakan lain kecuali yang pertama.

Keikutsertaan Lorenzo pada race GP Belanda yang memerlukan banyak gerakan ekstrem ternyata tak membawa dampak sampingan seperti dikhawatirkan. Dan, bu dokter itu pun merekomendasikan sang juara dunia 2012 untuk balapan lagi. “Monggo dilanjutken saja,” kira-kira begitu katanya dengan halus nggak pakai logat Jawa.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Lorenzo pun langsung bikin latihan-latihan fisik untuk menggeber persiapan ke GP Jerman pada 12-14 Juli di Sirkuit Sachsenring. “Mungkin belum akan pulih 100% di Sachsenring, tapi saya yakin bisa lebih baik daripada di Assen,” ujar Lorenzo. Lha iyalah Bro, lagi sakit-sakitan saja  bisa finish kelima masa sih setelah pulih jadi lebih buruk?

Setidaknya podiumlah agar perburuan gelar juara dunia 2013 tetap dalam suasana hot. Untuk menjuarai Schsenrig, bukan hanya kondisi fisik Lorenzo yang meragukan, tapi juga reputasinya yang tak mengilap di sana.  Maklum, ini trek berkarakter anticlockwise alias berlawanan arah jarum jam yang jelas bukan favoritnya.

Sejak main di kelas 125, 250 sampai MotoGP tak sekalipun Lorenzo petik gelar juara di Sachsenring. Sirkuit dengan 10 tikungan kiri dan 3 kaan itu hanya menghasilkan finish runner-up dalam empat musim berturut, 2009-2012. Musim pertamanya di MotoGP 2008, Lorenzo arungi Sachsenring lewat sebuah kecelakaan dahsyat dan gagal finish.

Itu berbanding terbalik dengan Dani Pedrosa, sang pesaing dari kubu Repsol Honda yang acap tampil kinclong di sana. Sebagai pembalap kidal, Sachsenring adalah makanan empuknya. Dalam 9 tahun ini Pedrosa meraih 6 kemenagan di Sachsenring, dua di kelas 250 cc dan empat di kelas primer.

So, sudah bisa ditebak, jalan terbaik buat Lorenzo adalah mengamankan poin sebisa-bisanya di Sachsenring untuk menjaga jarak di klasemen. Terlalu berisiko jika fight memperebutkan juara. Agar seru, biarlah tugas itu diberikan buat Valentino Rossi yang tengah on fire. Kalau tahun lalu M1-nya Yamaha dikalahkan Pedrosa  sampai 14.996 detik, tentu menarik menunggu apa yang bisa dilakukan Rossi nanti. Bukankah itu yang sampeyan tunggu? Iya, ya, bro. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013; AHM Sambut Mainan Dorna Di Indonesia, Langsung Tangga Prototipe

MotoGP 2013: Tinggal Lorenzo Yang Rossi Ingin Kalahkan

MotoGP 2013; Kronologi Rossi Menang Di Assen Belanda

MotoGP 2013 Assen: Crutchlow Keki Pada Lorenzo, Marah Pada Diri Sendiri

 

BAGIKAN