nhk

MotoGP 2013; Lorenzo Protes Keras Soal Ban

 

ManiakMotor – Ban yang bersentuhan dengan aspal hanya selebar telapak tangan sampeyan. Karet  selebar itu menerima 250 dk tenaga motor MotoGP untuk belakang. Sedang depan wajib menahan beban di mulut tikungan saat pengereman dari kecepatan 300 lebih km/jam ditambah dorongan saat menikung. Jika komponnya tak siap atau salah pilih, ya berantakan saat lomba, brosist.

 Karena itu Jorge Lorenzo mengimbau produsen ban MotoGP untuk serius menciptakan ban yang benar-benar ban ke depan, bukan sendal jepit, hehehe. Terutama tipe hard yang dianggapnya sangat buruk. Makanya ia tegas,  harus ada pilihan kompon saat suhu tidak normal selain lembut yang boleh diandalkan. Itu disampaikan Lorenzo di rapat komisi keselamatan pembalap saat memulainya MotoGP Spanyol, Sabtu, 4 Mei lalu seperti yang diungkap Crash.Net. Oooo, berarti beliau sebelum lomba sudah curiga pada karet item.  

Katanya hanya ban lembut yang punya grip bagus dalam tiga ronde MotoGP 2013.  “Hanya ada pilihan lembut setiap lomba. Harusnya diproduksi lagi ban sama mutunya pada kedua tipe itu atau sama baiknya dengan yang dipakai kualifikasi,” jelas Lorenzo yang pembalap Yamaha Factory Racing yang di seri berikutnya pakai sasis baru pada M1-nya. Lorenzo juga tahu hanya ada dua pembalap yang bernyali memulai lomba dengan hard. 

Lorenzo mencak-mencak saat suhu trek Jerez mendekati 50 derajat. Ia telah coba tipe keras pada roda belakangnya, tapi katanya nggak ada manfaatnya. Bila menggunakan lembut di saat sama treknya sungguh panas. Bukti memang membuat Lorenzo tak berkembang untuk mengejar Dani Pedrosa. Wah, ini salah ban atau salah ‘pelek’, atau salah sasis sehingga harus diganti pada seri berikutnya? 

Ya seperti biasa dijawab official tyres MotoGP dengan bahasa teknik ala ban. Bahwa mereka sudah membawa ban sesuai suhu. Tetapi yang terjadi di trek Jerez, tipe keras  kehilangan grip saking panasnya. Juga trek terlalu berminyak oleh melelehnya aspal dan karet yang ditinggalkan ban peserta. Sehingga lebih cocok menggunakan ban lembut.

Wah buruan bikin ban yang bagus.  Ito

BERITA TERKAIT

Klasemen MotoGP 2013, Moto2 2013, Moto3 2013 Usai Jerez

MotoGP 2103: Media Kompori Marquez-Lorenzo, Kejahatan Lama Diungkit

MotoGP 2013: Marquez Balik ke Nomor 2

MotoGP 2013: Rossi Tolak Sasis Baru, Ngotot Minta Ganti Girboks

MotoGP Spanyol 2013; Lorenzo Salah Kira, Marquez Ternyata Sanggup Belok Sempit

MotoGP 2013 Jerez (Tes): Ducati Versi Baru Membaik, Dovi – Hayden Bergairah

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353