nhk

MotoGP 2013: Lorenzo – Rossi Tunggu-Tunggu Girboks SSG

 

ManiakMotor – Secara keseluruhan konsistensi RC213V Dani Pedrosa yang lebih bagus dalam dua kali latihan di Sepang. Bukti girboks SSG (Seamless Shift Gearbox) lebih mulus membuat rata-rata pencapian catatan waktunya konstan. Tidak peduli adu cepat (single laps) dan daya tahan seperti simulasi lomba yang dilakukan tim-tim pada sesi akhir atau Kamis 28 Februari 2013 di sirkuit Sepang, Malaysia. Bukan hanya dibuktikan Pedrosa, tetapi juga ‘anak baru’ semacam Marc Marquez.

Apa boleh buat, tuntutan Lorenzo untuk mengganti girboks motornya belum terwujud hingga sesi tes kedua Sepang ini. Sejak tahun lalu juara dunia 2010 dan 2012 memang ngotot pakai girboks model seamless. Ini girboks bikin reduksi sambung-menyambung menjadi satu. Kira-kira sama dengan quick shifter. Sudah begitu entakan saat akselerasi lebih ‘licin’ dan muyus.

Ya, melihatnya seperti yang digunakan Honda sejak musim 2011. SSG membuat Pedrosa dan Marquez bisa slide corner dengan mantap, karena tanpa greg-greg-greg, seperti bunyi rasio. Ah kamu pikir gigi rasio underbone, coy. Ya begitulah SSG yang dinilai ampuh untuk meredam gejala wheelie saat motor mulai berakselerasi, khususnya keluar tikungan dan masuk lintasan lurus. Kalau pakai SSG, motor akan SSS (Selalu Saja Stabil). Sengaja itu istilahnya karena belum ada istilah tekniknya dalam bahasa Indonesia.

Di akhir musim lalu, manajemen Yamaha sudah menyetujui pengadaan SSG itu dan kabarnya sudah diuji para tester Yamaha di pabrik Jepang sono. Namun faktanya, hingga saat ini belum kelihatan wujudnya. Boro-boro dites Lorenzo.

Lorenzo merasa itu titik lemahnya dibandingkan Pedrosa sejak pertengahn musim 2012, saat HRC meluncurkan versi baru RC213V. “Jika kami memasuki kompetisi dengan motor sekarang, hasilnya akan jauh lebih baik dari musim 2011, tapi hanya sedikit lebih baik dari 2011.  Jadi, kami butuh pengembangan, khususnya akselerasi. Jika ditanya tentu saya lebih suka pakai motor yang lebih bagus,” kata Lorenzo yang rada lemas di sesi terkahir di Sepang ini.

Apesnya, belum ada kepastian kapan girboks impian itu datang. Apalagi, Valentino Rossi pun merasa SSG akan menolong. Belum pasti apakah Yamaha akan memasok SSG-nya dalam tes lanjutan di Sirkuit Austin atau Jerez, atau bahkan belum siap untuk tahun ini. “Jangan tanya saya, saya benar-benar tak tahu. Apakah sedang dikerjakan di Jepang atau tidak, nggak tahu karena memang mereka tak mengatakan hal ini kepada pembalap,” ujar Lorenzo sembari ketawa. Entahlah apa arti ketawanya. Lagipla nggak lihat sendiri ketawanya. Cuma terjemahan dari MCN hehehe.

Lagian dia juga bukan mekanik, nggak perlu ditanaya ke dia dong. Andro

Berita Terkait

Hasil Latihan MotoGP Sepang (Test 2), 26 – 28 Februari 2013

MotoGP 2013 Latihan Sepang (Test 2): Menit Terakhir, Marquez Gusur Lorenzo, Rossi Ke-4

MotoGP 2013 Latihan Sepang (Test 2): Marquez Mulai Akrab Dengan Kecelakaan, Ke-2 Hasil Akhir MotoGP 2013 Latihan Sepang (Test 2); Empuknya Settingan Simulasi Pedrosa

MotoGP 2013 Latihan Sepang (Test 2): Pedrosa Lagi, Rossi Melorot

 Moto GP2013 Latihan Sepang (Test 2): Untuk Sementara, Ducati Sodok Valentino Rossi

Hasil Latihan MotoGP Sepang (Test 2), 26 – 28 Februari 2013

BAGIKAN