nhk

MotoGP 2013: Lorenzo Tes Austin, Rossi Mulai Ngeles

ManiakMotor – Jika dibiarkan hanya Honda yang ikut tes di Austin, Texas, itu berarti membiarkan mereka berada di depan Yamaha. Teori dan prakteknya, yang kenal duluan sirkuit baru akan pecaya diri pada gaya balap, terutama lagi, settingan pacuannya. Jika sampai saatnya lomba, yang tidak sempat latihan akan tebak-tebakan soal semuanya. Maklum sirkuit baru, nggak ada data. 

Begitu kira-kira pengamatan Jorge Lorenzo, juara dunia bertahan milik Yamaha. Tadinya memang Repsol Honda doang yang bikin tes privat di Austin. Belakangan Yamaha jadi patungan dengan Honda untuk bayar sewa sirkuit. Kebijakan itu sangat disyukuri Lorenzo. “Tak ikut, akibatnya buruk buat kami. Honda akan memetik keuntungan besar. Dengan tes bareng berarti kami berada di situasi yang sama dan sama-sama tak buta jelang balapan sesungguhnya,” ujar Lorenzo. Benar kan pengantar itu….

Ia masuk Texas rada tenang karena tak banyak masalah teknis yang dihadapi dalam dua uji coba sebelumnya di Sirkuit Sepang. Meski belum mendapatkan girboks model Seamless Shift Gearbox (SSG) impiannya sejak musim lalu, toh YZR-M1 miliknya bisa dielusg. Malah paling kencang saat tes kedua. Jadi, di Texas, paling kesibukan Lorenzo hanya untuk bikin setingan balapan kelak dan menghapal sirkuit.

Sebaliknya dengan teammate Valentino Rossi. Ia ke Texas dengan bawa sejumlah masalah teknis macam kelistrikan dan elektronik M1 dari Sepang. Ia pun akui masih perlu mendalami karakter elektronik M1 yang sudah jauh berubah dibanding M1 yang pernah dikebutnya 2004-2010.

“Tes Austin sangat krusial bagiku. Ini salah satu penentu untuk memperhitungkan peluang di musim balap nanti. Honda hebat di Sepang. Aku sempat menguntit Dani (Pedrosa) di tiga tikungan dan melihat akselerasi motornya. Menarik ditunggu apakah hal sama bisa mereka lakukan di Austin,” papar The Doctor yang tentu dengan omongannya tersebut juga mengukur dirinya sendiri. 

Itu Honda, Bro! Bagaimana dengan kecepatan Lorenzo yang dalam dua kali tes selalu lebih cepat dari sampeyan. Bahkan sampai 0,780 detik di sesi terakhir. “Ah, itu ndak benar. Waktuku sangat dekat dengan Jorge sebelum motor bermasalah. Memang betul ia lebih cepat sampai saat ini. Tapi, menurutku hanya tertinggal di bawah setengah detik. Selisih waktu 0,7 detik itu karena motorku banyak masalah sementara punya Lorenzo sedikitpun tak punya problem,” tegas Rossi seperti ngeles.

Kalau begitu, ayo buktikan Bro di Austin. Kalau tak bisa di situ, ya di Jerez. Kalau belum bisa juga, bagaimana kalau bikin bukti di balapan saja? Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013: Austin Siap Dijajal, Janjikan Nuansa Baru di R1

MotoGP 2013: Masih Kurang Kencang, Marquez Ingin Maksimalkan Tes Austin dan Jerez

MotoGP 2013: Rossi-Lorenzo Tetap Bersaing, Luar dan Dalam Sirkuit

MotoGP 2013: Latihan Sepang (Test 2), Ducati Mulai Merayap, Lebih Kencang Dari Sebelumnya

BAGIKAN