nhk

MotoGP 2013: Marquez Balik ke Nomor 2

ManiakMotor – Meski tengah memimpin klasemen sementara poin MotoGP, Marc Marquez sepertinya tetap diposikan timnya sebagai pembalap nomor dua. Eit, bikin kaget saja, kirain juaranya kemarin dibatalkan, akibat senggolan dengan Jorge Lorenzo, hehehe.

Sukses Dani Pedrosa memenangi GP Spanyol membuatnya kini kembali mendapatkan kepercayaan di dalam tim. Tadinya sudah bermunculan spekulasi kalau gagal lagi di Jerez maka bukan tak mungkin Marquez yang didorong untuk melawan Yamaha dalam pertarungan perebutan gelar.

Sejak awal Repsol Honda memang inginkan Marquez menimba pengalaman saja di musim perdananya tanpa menargetkannya masuk dalam persaingan Pedrosa-Lorenzo berebut gelar. Bos HRC Shuhei Nakamoto sudah tegaskan itu jauh-jauh hari. Marquez pun sadari posisinya dan bersikap tak ingin perang dengan Pedrosa meski faktanya dua kali ia kalahkan Pedrosa di lintasan. Ya, posisi Pedrosa memang sempat rawan.

Kini mengantongi poin 58, kalah tiga poin dari Marquez dan unggul satu angka atas Lorenzo, Pedrosa kembali mendapatkan posisi nomor satunya. Itu tersirat dari komentar prinsipal tim Repsol Honda Livio Suppo. “Sungguh, pada saat ini kami tak memikirkan hal itu. Marquez adalah ruki dan ia masih butuh pengalaman,” kata Luppo saat menjawab pertanyaan apakah Marquez dapat menjadi juara dunia musim ini.

Luppo mengakui tampilan Marquez yang sangat impresif dalam tiga seri awal. Tapi, kompetisi masih sangat panjang dan masih banyak kemungkinan terjadi pada Marquez seperti kesulitan set-up motor dan sebagainya. Karena itu belum ada yang berubah soal kebijakan tim. Terpenting, katanya, mereka kini punya dua pembalap yang nyaman dengan pacuannya dan berjalan sesuai strategi tim.

Di sisi lain, Sppo menilai sukses di Jerez adalah awal Pedrosa dalam perburuan gelar musim 2013. JIka ia merasa nyaman dan motornya sesuai dengan keinginannya, maka tak ada yang bisa menghentikan Pedrosa. “Ingat di Austin, Pedrosa sangat bahagia meski finish di urutan kedua. Itu tak lain karena ia merasa sudah mendapatkan pacuan seperti ia rasakan akhir musim lalu. Kemenangan di Jerez menegaskan hal itu. Saya harap ia mampu menjaga momentum ini dan kita akan melihat persaingan  yang amat menarik di musim ini,” tegas Luppo yang dari ucapannya jelas sekali mengarahkan beban kepada Pedrosa untuk berebut gelar 2013.

Dengan begitu, Marquez tetap jadi nomor dua. Kecuali jika kondisinya kembali seperti sebelum GP Spanyol, kemungklinannya bisa sama sama lagi. Maksudnya, Pedrosa harus jaga momentumnya seperti dibilang Luppo.  Kalau angin-anginan lagi, siap-siaplah disikat Marquez kembali. Apalagi kalau masuk angin sungguhan, wah pastilah dikerok habis oleh Marquez yang super agresif. Jangan lupa komentar Valentino Rossi soal Marquez. Katanya, anak itu berlomba seolah ingin juara di musim pertamanya. Tuh, Pedrosa ndak bisa main-main kan! Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013: Rossi Tolak Sasis Baru, Ngotot Minta Ganti Girboks

MotoGP Spanyol 2013; Lorenzo Salah Kira, Marquez Ternyata Sanggup Belok Sempit

MotoGP 2013 Jerez (Tes): Ducati Versi Baru Membaik, Dovi – Hayden Bergairah

MotoGP 2013 Jerez (Tes): Honda Fokus Suspensi, Yamaha Utak-Atik Sasis, Hanya Rossi Yang Beda

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353