nhk

MotoGP 2013; Marquez MotoGP Lebih Mudah Dari Moto2..? Rossi Tunggu Di Jerez

 


ManiakMotor – Marc Marquez sebenarnya tidak bilang MotoGP lebih mudah dibanding Moto2. Tapi debutnya Moto2 dia lebih banyak jumpalitan ketimbang membawa hasil. Beda dengan MotoGP baru dua kali tampil, dua-duanya podium. Bahkan bisa mencetak rekor yang sudah terkubur lama. Terutama di sirkuit Austin, Amerika. Walah, ngeledek abang-abangnya tuh…

Asli, saat dari GP125 sekarang Moto3 pada 2011 dalam tiga seri beruntun Moto2, ketiga-tiganya ia jatuh, tetapi di MotoGP ia anteng aje. Bahkan dengan tenang melewati Jorge Lorenzo juara dunia dua kali di awal-awal lap saat di Austin. Juga dengan mudah menggertak Dani Pedrosa, abang setimnya di Repsol Honda Team.  Berarti lebih mudah MotoGP, dong? “Saya nggak bilang begitu, yeee,” kata Marquez dengan logat Jakarta.

Iye, iye…  tetapi Honda di Austin tidak lepas dari sosok Shuhei Nakamoto. Vice President Honda Racing Corporation itu, masih punya hopeng di F1 alias Formula One. Itu bukan obat hidung tersumbat,  tapi balap mobil tercanggih sama dengan MotoGP untuk motornya. Nakamoto bekas orang F1, sementara F1 sudah dilombakan di Austin, dia kontek teman-temannya untuk referensi agar RC213V mulus akselerasinya. Ya kira-kira begitu, sama dengan teknologi SSG yang dipinjam Nakamoto dari balap mobil yang disebut jet darat itu. Sedang MotoGP disebut jet aspal. Hehehe, itu mah karangan portal ini sendiri.

Tetapi Austin sudah lewat. Pembalap akan pindah ke daratan Eropa dan sirkuit Jerez di Spanyol jadi tempat pertama balapan di Yurop yang berlangsung 5 Mei 2013. Di Jerez semua tim MotoGP punya data. Juga secara tradisional Yamaha  dan Honda bersaing asyik ditonton. Pasti sejak sesi free practice dibuka tidak akan timpang seperti yang dilakukan Honda di Austin. Bayangkan saja, Honda bisa mengasapi Yamaha 1.6 detik dan bahkan lebih untuk Valentino Rossi sejak sesi FP1 di Texas.

Itu tidak mungkin terjadi di Jerez. Selain data-data terdahulu, saat test pra musim 2013 ada tiga Yamaha yang memimpin. Bahkan Carl Crutchlow yang pakai motor M1 kw sekian, bisa tercepat saat itu yang disusul Rossi dan Lorenzo. Honda sendiri saat latihan itu persis situasi Yamaha di Austin. Bahkan Pedrosa sudah cabut duluan dan Marquez hanya bisa ke-7. Tetapi gap-nya tidak sebanyak Honda meninggalkan Yamaha sejak FP1 di Austin.

Tetapi itu latihan. “Tapi itu juga gambaran untuk menuju lomba, bahwa M1 bagus di situ. Dan dalam dua seri ini, lomba sudah terbagi antara Yamaha dan Honda. Sekarang menuju balapan di Jerez, lupakan Austin yang terlalu sulit,” kata Rossi yang pernah 4 kali juara di Jerez. “Peluang Yamaha di Jerez terbuka sesuai sesi latihan Maret 2013. Bahkan di Austin Jorge bisa dekat dengan kami,” dukung Marquez yang saat ini memuncaki klasemen sementara MotoGP dalam dua seri.

Entalah dukungan itu untuk menyenangkan Rossi dan Lorenzo atau memang serius dan kemudian dilibas. Eh, nomong-ngomong apa benar Moto2 lebih sulit dari MotoGP? “Beda dong. MotoGP tidak boleh 100 persen mengendarainya selama balapan, harus ada ritme untuk menghemat fisik. Sedang Moto2 dari start sampai finish boleh membalapnya 100 persen,” jelas Marquz, kurang e.

Ya itu awal-awal saja, bro. Ito

BERITA TERKAIT:

MotoGP 2013: Marquez Senang Untuk Dirinya, Sedih Untuk Adiknya

MotoGP 2013 Jelang Jerez: Crutchlow, Ancaman Nyata Buat Valentino Rossi

MotoGP 2013 Austin (Race); Rossi Soal Rem, Lorenzo Tidak Keburu Ganti Rasio

MotoGP 2013 Austin (Race): Marquez Tak Punya Rencana, Pedrosa Tak PunyaTaktik

BAGIKAN