nhk

MotoGP 2013: Masuk Austin, Kok Rossi Rada Ragu..?

ManiakMotor – Mulai Selasa (12/3) pagi besok waktu Texas, AS, atau petang di kandang maniakmotor.com, para pentolan Honda dan Yamaha mulai sibuk lagi beruji coba jelang musim MotoGP 2013. Tercatat lima joki papan atas yang ikut tes tak resmi ini dalam arti bukan di bawah ketentuan FIM atau IRTA dan Dorna. Bisa saja   soal waktu tempuh pun hitung sendiri-sendiri. Tapi yang jelas tidak pakai stop watch, tetap transponder.

Yang sudah pasti adalah Jorge Lorenzo dan sang ‘dewa’ Valentino Rossi dari kubu Yamaha Factory Racing. Sedang Repsol Honda Team akan mengirim Dani Pedrosa dan Marc Marquez. Di antara mereka muncul Stefan Bradl, pembalap LCR Honda yang merupakan tim satelit Honda. Lho, dapat duit dari mana tiba-tiba mendaftar? Ah, urusan dia orang lah.

Mereka sih bilangnya antusias memasuki tes itu, terutama Si Lorenzo dan Si Pedrosa yang disebut-sebut bakal kembali bersaing ketat berebut gelar MotoGP 2013. Selain menghapal sudut-sudt trek baru itu, tentu sembari melaukan berbagai set-up. Jadi,   ketika Sirkuit Austin itu nantinya menggelar seri kedua pada 19-21 April, sudah siap lebih siap.

Tugas sama juga akan dilakoni Rossi. Meski dianggap ‘dewa’ dan paling berpengalaman di MotoGP, status The Doctor masuk Austin sama saja dengan para yuniornya. Sama-sama tak punya pengalaman karena memang trek baru dan baru besok itu untuk pertma kaliya dilindas motor MotoGP. Makanya, The Doctor sudah bikin analisa sendiri dan ragu apakah bisa melaju secepat di Sepang dengan selisih waktu rata-rata hanya di bawah 0,5 detik dari leader, entah itu Lorenzo ataupun Pedrosa.

Keraguan Rossi tak semata karena tak punya data apa-apa di Austin, tapi juga rangkaian dari problem teknis di tes Sepang episode kedua. Padahal Bang Rossi ini dikenal paling mudah adaptasinya dengan sirkuit baru. Tetapi dia ragu, maklum M1 versi 2013 membuatnya gagap, terutama perkembangan peranti elektroniknya yang sedikit ‘rumit’. “Austin mungkin akan hasilkan cerita berbeda. Belum bisa dibayangkan apa yang akan terjadi. Mungkin itu akan jadi ajang tes paling sulit buatku,” ujar The Doctor.

Pasalnya, ketika sang rival sudah dalam program meyusun setingan motor untuk meraih waktu tercepat, eh Rossi malah baru dalam taraf adaptasi lanjutan. Ia masih butuh waktu dan praktek untuk mendalami karakter M1 2013. Boro-boro mikir fastest time untuk menyaingi Lorenzo dan Pedrosa. “Cerita berikutnya akan berubah di Jerez, bisa jadi sekompetitif tes Sepang. Trek ini selalu membuahkan hasil bagus buatku maupun M1,” tandas Rossi menyebut sirkuit kebanggaan Spanyol itu yang rutin jadi ajang tes MotoGP.

Jerez akan menggelar tes resmi MotoGP sekaligus terakhir jelang kompetisi, 23-25 Maret. Semoga di Jerez nanti problem Rossi sudah beres. Kalau belum, ya beres-beres lagi! Kan gitu di balap, semuanya tak pernah beres! Andro

Berita Terkait

MotoGP 2014: Akankah Kawasaki Kembali?

MotoGP 2013: Menuju Austin, Pedrosa Fokus Set Up RC213V

MotoGP 2013: Lorenzo Sambut Austin, Rossi Mulai Ngeles

MotoGP 2013: Gagal ke Austin, Tangan Kanan Hayden Mulai di Tune-Up

 

BAGIKAN