nhk

MotoGP 2013: Mekanik Pedrosa Bicara, Tunggu Gelar Juara

 


ManiakMotor – Sampeyan pasti sudah paham, tak ada pembalap yang jago tanpa dukungan mekanik andal. Itu sebab para pembalap top dunia pun punya mekanik sendiri dan ‘dipelihara’ bertahun-tahun. Kalau bisa sampai pensiun bersama mereka.

Yang terkenal adalah Jeremy Burgess, mantan mekanik Mick Doohan yang satu dekade terakhir setia mendampingi Valentino Rossi. The Doctor sendiri kalau pindah tim bikin aturan sendiri: harus satu paket dengan Burgess.

Begitu pun Dani Pedrosa, pembalap Repsol Honda nomor satu saat ini dan tengah memburu gelar pertamanya di MotoGP. Ia setia menggunakan jasa Mike Leitner. Doski sudah 10 tahun memimpin para mekanik seputar Pedrosa, sejak Si Pedrosa masih di GP250 musim 2004. Di kelas itu Pedrosa bisa mencicipi gelar juara dunia pada musim 2004 dan 2005 lewat tim Telefonica Moviestar Honda. Begitu naik pangkat ke Repsol Honda MotoGP musim 2006, Leitner dan pasukannya ikut dibawa.

Sayang, belum sekali pun Pedrosa meraih titel juara MotoGP yang diidamkan. Pencapaian puncaknya baru sebatas runner-up. Karena itu Leitner yang ber-KTP Austria itu sangat berharap Pedrosa bisa meraih gelar musim ini dan siap bekerja untuk pelayanan kelas atas. “Menurut saya, penampilan terbaik Pedrosa adalah separuh musim terakhir 2012, ia memenangi 6 dari 8 seri terakhir,” komentar Leitner, dan jika penampilan seperti itu bisa berlanjut musim 2013 maka gelar juara bisa diperoleh di akhir tahun.

Buat Leiner, itu jelas penantian khusus. Dia ingin membuktikan sejiwa dengan Pedrosa dalam menyetel motor. Sejiwa bukan hanya di motor tapi juga sepaham. Kan nggak mungkin orang sejiwa Rossi berdoa untuk kemenangan Pedrosa. Begitu kan Bro!?

Melihat performa itu dan hasil tes pramusim, Leitner merasa pacuan Pedrosa sudah cukup mumpuni untuk bertarung. Tak banyak hal teknis yang harus ia oprek-oprek bersama anak buahnya selain distribusi bobot penambahan 3 kg di RC213V milik Pedrosa. Pacuan itu sudah benar-benar terbebas dari penyakit chatter yang di awal sampai pertengahan musim lalu jadi keluhan Casey Stoner dan Pedrosa.

Distrbusi bobot itu, sepertinya masih akan jadi pekerjaan ekstra Leitner dkk saat tes resmi di Jerez, 23-25 Maret. Pasalnya, Pedrosa merasa belum dapat komposisi yang paling nyaman. “Selalu ada ruang untuk peningkatan dari pembalap maupun pacuan. Akan selalu ada set-up berbeda sesuai kondisi. Tugas kami adalah mendengarkan masukan Pedrosa, apa yang ia inginkan, dan apa yang ia butuhkan. Itu yang paling penting,” tandasnya.

Meski rekan setim Marc Marquez mulai menggila, Leitner melihat saingan terberat Pedrosa merebut gelar adalah para pentolan tim pabrikan Yamaha. “Seperti musim lalu kami punya kelebihan di beberapa sektor dan di sejumlah sirkuit. Yamaha pun begitu, punya kelebihan di beberapa area dan trek tertentu. Pada akhirnya, kedua merek inilah yang akan bertarung hingga akhir kompetisi 2013,” tegas Leitner yang jelas berharap Pedrosalah yang nantinya jadi juara. Bukan yang lain, apalagi sampeyan. Kalau itu juara bacot aja! Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Latihan (Tes) Austin, Marquez Siap Bakar-Bakar, Pedrosa Sudah Pusing Betulan

MotoGP 2013, Latihan (Tes) Austin: Pesona Marquez Bikin Panas Internal, Pedrosa Terancam

MotoGP 2013 Tes Austin; Rossi Dan Lorenzo Akui Lawan, Kalah Akselerasi

 

BAGIKAN