nhk

MotoGP 2013 Menuju Amerika: Gara-Gara Bom Boston, Keamanan Austin Berlipat-Lipat

 

ManiakMotor – Untung sampeyan tak jadi beli tiket pesawat ke Texas, Amrik, untuk nonton MotoGP. Kalau jadi, bisa jadi kesal lantaran ketatnya keamanan sebelum dan sepanjang GP Amerika digelar 18-21 April 2013.

Bayangkan saja, belasan item jenis barang langsung diumumkan terlarang masuk sirkuit.  Tak boleh nenggak bir padahal orang sono doyannya begitu sembari nonton. Tak boleh pula bawa kamera video, sampai  makanan dan minuman pun diperiksa berulangkali di beberapa pos keamanan. Pasti kurang nyamanlah  digeledah bolak-balik?

Tapi, pengamanan yang super ketat itu bisa dimaklumi untuk hajatan sekelas MotoGP yang mendapat publisitas tinggi di kancah sport dunia. Pihak FBI yang bertanggung jawab soal keamanan negara plus pengelola sirkuit memang serta merta melipatgandakan pengamanan menyusul dua ledakan bom yang terjadi pada event Boston Marathon beberapa hari lalu.

Dua ledakan pada ajang olahraga terkenal itu menewaskan tiga orang dan melukai ratusan lainnya. “Seperti di medan perang. Tubuh dan darah berserakan di mana-mana,” tutur seorang saksi mata yang diwawancarai televisi.

Pengamanan ketat sebenarnya sudah standar di setiap ajang MotoGP. Namun, di Austin kali ini menjadi khusus lantaran berbarengan dengan kasus Boston itu. “Kami harus memastikan segala sesuatunya aman sebelum dan sepanjang balapan. Untuk itu kami berkoordinasi langsung dengan pihak-pihak terkait baik di tingkat lokal maupun nasional,” kata Julie Loignon yang dari kartu namanya tertera jabatan sebagai Circuit Vice President of Public & Media Relations .

Sejauh ini belum ada keluhan apa pun dari pembalap Moto3, Moto2, maupun MotoGP yang sudah berdatangan di Austin yang ibukotanya negara bagian Texas itu. Dengan ketatnya pengamanan, pastinya para koboi Texas yang suka nenteng pestol (seperti film-filmnya) juga pada tiarap. Dan, buat kita selaku MotoGPmania tentu berharap ronde kedua ini berlangsung lancar dan kembali hadirkan duel-duel sengit di semua kelas. Amin. Andro

Berta Terkait

MotoGP 2103 Menuju Amerika: Saat Rossi Percaya Diri, Saatnya Yang Lain Hati-Hati

MotoGP 2013 Austin Texas; Sirkuit Penguras Stamina, Ujian Usia Rossi Di American..?

MotoGP Austin 2013; Marquez Akan Terima Kenyataan Di Texas

MotoGP 2013 Menuju Amerika: Tebus Hasil Qatar, Pedrosa Siap Main Belakang

BAGIKAN