nhk

MotoGP 2013 Menuju Austin; Ada Yang Aneh Pada Valentino Rossi Dan Lorenzo Di Texas Americas

 

ManiakMotor – Mengamati 16 tikungan rapat Losail dengan apik disikat Yamaha M1 Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, menjadi aneh saat testing di Austin mereka cabut duluan. Alasannya saat itu kurang  masuk akal. Apalagi menengok testing di Jerez si Bang Rossi ketawa-ketiwi. Jangan-jangan M1 malah pakai SSG (Seamless Shift Gearbox) yang lebih canggih dari Honda. Itu jangan-jangan dengan reduksi yang nggak ada matinya di Losail.

Padahal Austin walau belum dicoba maniakmotor.com, eh, sorry, di data dan dikombinasikan dengan video-video yang muncul, malah mendekati tipikal Jerez. Bedanya sirkuit di negara poker  Texas yang terkenal di facebook itu, ada menanjaknya. Ada menanjak berarti ada turunan, katanya sih macam roller-coaster. Juga ditambah model tikungan seperti pembuka tutup botol yang modelnya melintir. Pokoknya model tikungannya, motor seperti kain diperas.

“Saat itu nggak ada masalah. Karena sirkuit gress, debu masih di mana-mana, ditambah yang latihan hanya Yamaha dan Honda, sedikit,” alasan Lorezo ketika itu. Maksudnya, saking sikit motor lalu-lalang  latihan, racing line kelamaan bersih ‘disapu’. Kompon ban juga kurang yang tekelupas untuk menempel di trek dan menjadi bagian dari grip. Sedang Rossi saat itu lebih banyak memuji fasilitas sirkuit dan bilang Austin di dominasi tikungan V yang masih satu kelompok dengan ‘U’ turn atau hair pin milik istri ibu-ibu pejabat, tusuk konde.

Walau panjang Austin 5.513 meter tetapi ada 20 tikungan di sana dan kebanyakan ke kiri, karena jalurnya berlawanan arah jarum jam (counter clockwise). Kira-kira dibagi rata, setiap 275 meter ada tikungan. Bandingkan dengan Jerez punya 13 tikungan dan panjang 4.423 meter, setiap 340  meter ada tikungan. Atau Losail yang panjangnya 5.380 meter ada 16 tikungan atau setiap 338 meter akan belok.

Berararti Austin lebih rapat tikugannya. Coba hitung lagi, trek lurus Austin 1.200 meter. Bila angka ini jadi pengurang panjang sirkuit, hasilnyai 4.313 meter dibagi lagi 20 tikungan, setiap tikungan 220 meter. Ya, nggak jauh-jauh dari Losail. Padahal M1 dikenal jogoan trek macam itu seperti mereka tunjukkan di Losail. Di situlah anehnya, pasukan Yamaha seperti tidak mau melawan Honda di Austin dan mereka cabut duluan saat test masih berlangsung. Mungkin dalam hati Yamaha, ‘ah ini sih trek gue’.

Lebih aneh lagi pernyataan Massimo Meregalli yang tidak perlu digali-gali lagi, sudah jelas dari bunyi perkataannya. Kendati saat itu Lorenzo dan Rossi kalah dalam catatan waktu dari dua Honda. “Tim sudah dapat apa yang diinginkan, tak perlu lagi ikuti tes hari terakhir Kamis (14/3),” kata Meregalli, Direktur Tim Yamaha Factory Racing saat cabut dari Austin. Ini diperkuat pernyataan Rossi terbaru. “Perfoma M1 saat ini cocok untuk semua sirkuit!” Nah lo, pakai SSG kah. Jawabannya belum terungkap.

Tapi, tulisan ini hanya prediksi, namanya prediksi semua serba mungkin. Yang menentukan setelah bendera kotak-kotak hitam-putih dikibarkan alias finish di raceday. Sebab, hitung-hitungan sirkuit itu belum lengkap. Misalnya, soal lebar Austin dibanding Jerez (11 meter) dan Losail (12 meter) jauh lebih lebar Austin yang 15 meter.

Sirkuit lebar walau tikungannya rapat, putaran mesin bisa lebih tinggi di mana pun posisi persneling saat melibasnya. Motor  akan lama digas terus baru mendapati white line (garis putih) pembatas bibir lintasan.  Belum lagi mengingat Dani Pedrosa sebagai pembalap kidal yang punya otak kiri cemerlang. Di sirkuit-sirkuit berlawanan arah, Pedrosa sulit ditaklukan. Termasuk mengukur Marquez yang saat testing di Austin yang tercepat. Pendeknya, ronde 2 MotoGP 2013 pada 21 April di negara koboi itu, balapan ‘tembak-tembakan’, dar-der-dor. Ito

BERITA TERKAIT:

MotoGP 2013 Austin Texas; Sirkuit Penguras Stamina, Ujian Usia Rossi Di American..?

MotoGP 2013 Menuju Amerika; Kata Valentino Rossi, Akselerasi Di Austin Harus Kuat..!

MotoGP 2013 Menuju Amerika; Jangan Sepelekan Pedrosa, Austin Texas Pakai Otak Kiri, Lo..!

MotoGP 2013 Menuju Amerika; Yamaha Fokus Gigi 1 Di Austin Texas

MotoGP 2013 Menuju Austin: Lorenzo Mencari Musuh, SSG Masih Teka-Teki

MotoGP 2013 Tes Austin; Kepulangan Duluan Rossi Dan Lorenzo, Tanda Tanya Besar..?

MotoGP 2013 Menuju Austin: Rossi vs Marquez atau Marquez vs Pedrosa, Teori atau Naluri?

MotoGP 2013 Menuju Austin: Lorenzo-Rossi Tak Bisa Tepuk Dada

MotoGP 2014: Biar Makin Wantap, Dorna Perbanyak Mesin Pabrikan

MotoGP 2013 Jelang Austin; Marquez Akan Serap Ilmu Lorenzo Di Texas, Rossi Dianggapnya Sudah..!

BAGIKAN