nhk

MotoGP 2013: Menuju Austin, Pedrosa Fokus Set Up RC213V

ManiakMotor – Dani Pedrosa sadar betul musim ini adalah kesempatan terbaiknya jadi juara dunia MotoGP. Sudah 6 tahun ia berjuang dan selalu kandas dan jatuh bangun dalam sejumlah kecelakaan. Tahun ini dia harus terbangun terus. Lho, kapan tidurnya? Memang kadang nggak bisa tidur dan nafsu makan kurang berpikir juara dunia itu.  Entalah Pedrosa.

Karena itu ia siap pol-polan dalam segala hal. Apalagi lawannya kini bukan hanya Jorge Lorenzo, tapi muncul ancaman dari Valentino Rossi. Tapi kalau rekan mudanya, Marc Marquez, tunggu dulu kalee ya.? Untuk kebugaran fisik, porsi olahraga ia tambah. “Sungguh melelahkan, terlebih saat tes Sepang lalu di mana kami bekerja 8 jam sehari. Tapi, itulah pekerjaan dan kini saya siap menuju Austin,” ujar runner up 2012 itu dalam blog pribadinya.

Ia  akui fisiknya sangat  terkuras pascates Sepang. Perjalanan pulang ke Spanyol pun terasa sangat lama dan membosankan, terlebih karena tertahan transit di Frankfurt, Jerman, selama empat jam. “Saya hanya dapat jatah libur dua hari. Kini berbenah dan siap melakukan perjalanan panjang berikutnya ke Amerika. Tes ini sangat vital untuk persiapan 2013.”

Meski trek Austin baru akan digunakan, Pedrosa mengaku tak terlalu buta. Ia sudah  mengenali dan mempelajari berbagai sudut lintasan Austin melalui rekaman video milik tim. Dengan peralatan teknologi canggih, ia sudah bisa menentukan di bagian lintasan mana harus latihan ekstra agar RC213V-nya melaju mulus dan cepat.

Seperti rivalnya di kubu Yamaha, tujuan utama tes Austin adalah menentukan set-up terbaik. Baik untuk sirkuit tersebut pasa balapan benaran nantinya. Untuk medapatkan itu, lagi-lagi Pedrosa bilang siap  kerja keras 8 jam per hari di Austin. “Distribusi bobot akibat penambahan beban 3kg belum sepenuhnya memuaskan di Sepang. Kami akan cari variasi lain di Austin. Sekali kami temukan distrubusi ideal, segala sesuatunya akan lebih mudah,” tegas Pedrosa saat masih di Sepang.

Artinya, ia memang tak banyak pusing dengan kerja mesin, rangka, ECU dan perangkat lain di pacuannya. Maklum Bro, motor ini kan sudah disiapkan HRC (Honda Racing Corporation) sejak Agustus lalu.  Performanya pun sudah teruji dalam 8 seri lomba musim 2012.

Di Sepang, ia memang belum temukan titik terbaik untuk penempatan bobot tambahan itu. Meski digandoli hanya 3 kg, namun dampaknya sangat terasa buat motor yang berlari tanpa bayangan di atas 300 km/jam. Belum lagi pengaruhnya pada kerja suspensi, ban, dan efisiensi bahan bakar. Kalau mau bikin penelitian, coba saja sampeyan lari pagi dengan bawa gandolan 3 kg di pundak dan rasakan akibatnya hehehe. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013: Austin Siap Dijajal, Janjikan Nuansa Baru di R1

MotoGP 2013: Masih Kurang Kencang, Marquez Ingin Maksimalkan Tes Austin dan Jerez

MotoGP 2013: Kata Rossi Pedrosa Punya Takdir Aneh, Marquez Seperti Dirinya

MOTOGP2013: KESEMPATANTERBAIK DAN MUNGKIN TERAKHIR BAGI PEDROSA

MotoGP 2013: Shuhei Nakamoto Benarkan Peluang Terakhir Pedrosa

 

BAGIKAN