nhk

MotoGP 2013 Menuju Austin: Rossi vs Marquez atau Marquez vs Pedrosa, Teori atau Naluri?

 


ManiakMotor – Jorge Lorenzo boleh juara di GP Qatar. Tapi, Valentino Rossi dan Marc Marquez jadi bintangnya. Keduanya memborong semua cerita Qatar dari a sampai z.

Apakah duel Rossi – Marquez, pembalap beda generasi namun bertabiat sama di lintasan itu, terulang di sirkuit Austin? Itu yang jadi isu terpanas yang dikompori portal ini jelang seri dua MotoGP di Amerika 19-21 April yang tinggal beberapa hari lagi. Saking hot  isu itu, para koboi Texas pun mungkin akan meninggalkan sejenak kuda dan sapi plus ‘paha ayam’ (pestol) mereka untuk larut menyimak kuda-kuda besi meringkik. Itu mungkin lho!

Bicara fakta dan teori, bisa jadi tipis kemungkinan Rossi – Marquez kembali wheel to wheel di Austin. Parameternya adalah hasil tes pramusim di trek baru dan super mulus itu pada 12-14 Maret silam. Marquez dan Rossi ibarat David dan Goliath di sesi tes itu. Marquez memborong semua catatan tercepat sementara Rossi berada di peringkat 5 dari 5 doang pembalap MotoGP yang ikut tes.

Yamaha memang payah di trek Austin, ketika itu lho! Entah karena malu, tak siap, atau memang ada yang disembuyikan. Coba baca ini; MotoGP 2013 Menuju Austin; Ada Yang Aneh Pada Valentino Rossi Dan Lorenzo Di Texas Americas. Mereka pun cabut dari Austin sehari sebelum tes selesai. Best lap dari lima pembalap itu adalah: Marquez (2:03,281), Pedrosa (2:03,898), Stefan Bradl (2:04, 225), Lorenzo (2:04,351) dan Rossi (2:04,960).

Lihat tuh, masa sih Lorenzo – Rossi yang dibilang The Super Team bisa kalah dari Bradl yang hanya pembalap tim satelit? Jika karakter Austin yang lebar itu diasumsikan cocoknya buat Honda maka perjuangan tim Yamaha nantinya tentu akan lebih berat karena akan ada RC213V ke-4 milik Alvaro Bautista yang tidak ikut ke Austin tapi pacuannya sama kencangnya dengan Bradl.

So, jika tak ada perubahan signifikan pada YZR-M1, bisa berat beban tim biru putih melawan tim orange. Jika Marquez bisa tetap terdepan, maka sulit buat Rossi mendekatinya karena faktor Pedrosa dan Lorenzo, Bisa pula Bradl dan Bautista pun jadi penghambat.

Tapi, itu teori Coy? Karena itu bisa saja hitung-hitungan tersebut tak berlaku. Seperti sampeyan tahu The Doctor sering kali tak pakai teori di dalam lintasan. Yang ia pakai adalah naluri. Lihat hasil Qatar, start ke-7 toh bisa finish runner-up. Di masa lampau malah banyak contoh lebih ekstrim kala Rossi buruk di sesi kualifiasi, tapi jumawa saat balapan. “Hasil tes memang buruk di Austin. Itu hanyalah sebuah tes. Memang tak akan mudah, tapi kami sudah punya set up baru untuk balapan di sana,” ujar The Doctor menjelang Austin.  Nah, makin seru kan!

Ini satu lagi teori. Bila settingan baru yang dikatakan Rossi itu tak maksimal, kemungkinan duel yang terjadi adalah antara Marquez dan sang senior, Pedrosa. Bukan karena faktor sama-sama pegang RC213V, tapi juga kelebihan khusus Pedrosa yang apik di trek anticlockwise macam Austin. Sebagai pembalap kidal, feeling dan refleksnya selalu lebih baik di sirkuit yang dominan kiri. Austin yang punya 20 tikungan, 11 di antaranya pakai lampu sein kiri dan 9 ke kanan. Itu sudah dibuktikan Pedrosa dalam beberapa tahun karirnya di MotoGP. Tapi, sekali lagi, itu sebatas teori Bro!

Yang pasti, Austin bisa jadi penentuan buat Pedrosa bila tetap ingin bersaing dengan Lorenzo di perebutan gelar. Saat ini saja pamornya sudah kalah dari Marquez yang sejak ‘tahun 3’  (maksudnya sudah lama) jadi anak emas Repsol selaku sponsor utama Honda. Marquez pula orangnya yang tengah dipuja-puja publik Spanyol dan fans Repsol Honda Team. Jika Pedrosa kembali keok, sangat besar peluang Marquez untuk maju berperang melawan Lorenzo. Bukan Pedrosa lagi yang didorong-dorong tim. Agar ‘musibah’ itu tak terjadi, Pedrosa harus tempur habis-habisan, sebelum dia habis benaran.  Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Menuju Austin; Ada Yang Aneh Pada Valentino Rossi Dan Lorenzo Di Texas Americas

MotoGP 2013: Sentuhan Teknis, Roda Belakang Bikin Lorenzo Sakti di Qatar

MotoGP 2013: ‘Guru Spiritual’ Rossi Bicara, Ingin Fight Versus Lorenzo

MotoGP 2013, Latihan (Tes) Austin: Pesona Marquez Bikin Panas Internal, Pedrosa Terancam

MotoGP 2013 Tes Austin; Kepulangan Duluan Rossi Dan Lorenzo, Tanda Tanya Besar..?

MotoGP 2013 Tes Austin; Rossi Dan Lorenzo Akui Lawan, Kalah Akselerasi

 

 

 

BAGIKAN