nhk

MotoGP 2013 Menuju Amerika: Tebus Hasil Qatar, Pedrosa Siap Main Belakang

ManiakMotor – Kalau dibilang ironis, ya sungguh malang nasib Dani Pedrosa di GP Qatar. Itu harus ia tebus di GP Amerika, 18-21 April. Caranya, main belakang.

Finish ke-4 di seri pembuka dengan 13 poin bukanlah hasil yang baik buat Pedrosa. Itu kalau dilihat dari performanya belakangan ini. Dalam 8 seri akhir 2012, ia menangi 6 balapan. Kalau tak apes gara-gara lampu start dan akhirnya terjungkal di seri San Marino dan terjungkal lagi di Australia, bukan tak mungkin seluruh hasil delapan seri itu diborongnya.

Sepanjang sesi tes pra musim pun, kinerja RC213V sangat baik di tangannya. Eh, kok malah keempat di Qatar. Jelas ada yang salah tuh! Belakangan, ia ungkap yang salah itu, yakni kerja roda belakang yang tak maksimal. Bukan chatter alias oglek-oglek seperti musim lalu, tapi kali ini kehilangan grip saat berbelok, terutama sekali saat ke luar tikungan yang bersamaan dengan betot gas penuh.

“Sangat penting mengetahui apa permasalahan yang ada, dan itu masalah utama yang harus kami atasi di Austin,” tegas Pedrosa, bukan lewat BBM, tapi melalui rilis tim yang mampir di redaksi portal ini.

Jadi, itu maksudnya main belakang Brosist! Ia lebih memikirkan solusi untuk memaksimalkan roda belakang RC213V itu agar traksinya lebih nempel di trek Austin, khususnya di sejumlah tekongan yang pendek dan menggunakan gigi rendah. Bukan main belakang dalam arti curang. Itu sih gak boleh.

Isu roda belakang itu menjadi menarik lantaran itu pulalah yang diakui dan diyakini menjadi kekuatan Jorge Lorenzo (Yamaha Factory Team) saat tampil dominan di Qatar dan sepertinya strategi yang sama akan berlanjut ke Austin, jelasnya sampeyan bisa simak Berita Terkait: MotoGP 2013: Sentuhan Teknis, Roda Belakang Bikin Lorenzo Sakti di Qatar.

Hasil tes bulan lalu di Austin, bilang Pedrosa, hanyalah menjadi basis tim untuk menentukan variasi set-up. Dari bahan dasar itulah Pedrosa akan bergerak dari satu FP ke satu FP lainnya untuk dapatkan setingan maksimal. Jika itu bisa didapat,maka kemungkinan dapat poin lebih gede pun terbuka sebagai kompensasi kegagalan di Qatar.

“Hasil tes bulan lau sangat vital sebagai acuan awal bikin settingan.  Sangat banyak tikungan di Austin dan kecepatan motor berubah cepat dari satu sektor ke sektor berikutnya. Tentu saja kondisi trek akan berbeda dengan tes lalu. Begitu banyak motor yang melintas dengan intensitas tinggi, semakin banyak karet ban yang melekat, dan grip ban akan semakin bagus. Semoga hasilnya juga lebih bagus,” jelas Pedrosa yang bikin waktu terbaik 2:03,898. Kalah dari rekannya di Repsol Honda, Marc Marquez, tapi unggul atas Lorenzo dan Valentino Rossi.

Itu  saat tes. Di balapan benarannya, tunggu saja, sabar! Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Menuju Amerika; Jangan Sepelekan Pedrosa, Austin Texas Pakai Otak Kiri, Lo..!

MotoGP 2013 Menuju Amerika; Yamaha Fokus Gigi 1 Di Austin Texas

MotoGP 2013 Menuju Austin: Lorenzo Mencari Musuh, SSG Masih Teka-Teki

MotoGP 2013 Menuju Amerika; Kata Valentino Rossi, Akselerasi Di Austin Harus Kuat..!

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353