nhk

MotoGP 2013; Mesin Ke-5 M1 Rossi-Lorenzo Disimpan Untuk SSG..?

ManiakMotor – Masih ingat saat Yamaha Factory Racing (YFR) diributkan telah menggunakan 4 mesin belum separuh musim. Pasti ingat! Satu mesin lainnya segelnya telah dibuka, otomatis sudah tak bisa digunakan. YFR hanya ada tiga mesin yang saat ini sedang ditukar-tukar untuk setiap seri dari jatah lima mesin per tahun.

Akhir bulan lalu Massimo Meregalli, Direktur YFR membenarkannya, tapi tidak terlampau khawatir. Katanya kesegeran ketiga mesin bisa dipertahankan dan sampai akhir seri cukup dengan jatah mesin per musim 5 unit. Tapi ia bilang, “Mesin ke-5 masih dipersiapkan untuk dirakit,” jelas Meregalli yang saat itu menyatakan segera membuat mesin cadangan tersebut.

Nah itu dia yang perlu dicurigai. Bila YFR dalam uji coba seamless shift gearbox (SSG) di sirkuit Brno, Ceko pada 6 – 7 Agustus, hanya mesin ke-5 ini yang bisa diisi SSG. Kan tiga lainnya sudah disegel alias tak bisa dibongkar-bongkar atau diurai sama dengan overhaul, karena sudah dihomologasi panitia MotoGP.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Aturannya bila jatah 5 mesin per tahun dilanggar, pembalap bersangkutan akan kena penalti dan start dari pit line. Ya bakal percuma teknologi SSG bila semua pembalap lewat dulu baru yang bersangkuatan dilepas dari pit line. Kesempatan tinggal satu mesin tadi.

Perkalian sebelumnya 1 mesin rata-rata untuk empat seri, ya sudah jelas mesin yang dipasangi SSG juga hanya efesien untuk jumlah ronde segitu. “Itu dengan catatan saat test nanti dari segi safety dan fungsinya sudah meyakinkan. Jika tidak tunggu tahun depan,” jelas Lin Jarvis, managing direktur YFR terhadap teknologi girboks mereka.

Jarvis bukan menjawab cerita ini, tapi lebih tepatnya ia menuturkan siap tidaknya SSG, yang katanya lebih siap tahun depan dan masih lihat hasil ditest. Kalau siap, cuma di mesin ke-5 itu juga yang direduksi SSG. Boleh diprediksi lebih awal, SSG hanya digunakan di sirkuit-sirkuit yang setiap tikungannya berdekatan, trek pendek-pendek yang selama ini merepotkan Yamaha. Sedang pada sirkuit cepat, M1 punya kans walau tanpa SSG.

Maaf ini kalau tidak keliru soal girboks ikut disegel atau tidak. Kalau tidak, semua mesin yang bisa pakai YFR boleh-boleh saja diberi SSG. Itu pun masih menunggu test 6 – 7 Agustus. Sabar ya sembari buka-buka aturan girboks untuk penulisan berikutnya. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang): Demi Lorenzo dan Rossi, Yamaha Bakal Luncurkan SSG

MotoGP 2013 Laguna Seca (Jelang); Jika SSG M1 Rossi Dan Lorenzo Sudah Terpasang

MotoGP 2013 Strategi Paruh Musim; M1 Kejar Trek Pendek, RC213V Uber Trek Panjang

MotoGP 2014: Regulasi Baru Buka Celah Stoner ke Repsol Honda

MotoGP 2013: Andai Crutchlow ke Ducati, Mantaplah Itu

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353