nhk

MotoGP 2013 Mugello Italia Jelang (Race): Duo Yamaha Tetap Semangat

 

ManiakMotor – Jorge Lorenzo mengaku kaget saat waku terbaiknya dilampaui Dani Pedrosa di lap terakhir QTT yang berlangsung Sabtu, 1 Juni di sirkuit Mugello, Italia. Tapi, ia tak terlalu kecewa karena selisih waktu hanya 0,095 detik. Tandanya ada perbaikan pada M1 yang pernah dijanjikan petinggi Yamaha Factory Racing usai Le Mans.

“Tadinya saya berpikir waktu tempuh saya sudah cukup untuk meraih pole position, ternyata tidak. Motor saya sangat kompetitif di semua sesi. Sangat penting untuk melakukan start terbaik pada balapan nanti,” kata juara dunia 2010 dan 2012 juga dengan kompetitif membawa M1 pada semua sesi di Mugello.

Ia sudah membayangkan, bakal fokus di garis start untuk bisa sekejap mengambil alih pimpinan lomba dan melejit tetap di depan sebisanya. “Itu kalau memungkinkan. Kalau tidak, saya hrus menunggu, balapan akan panjang dan yang diperlukan adalah konsistensi. Secara keseluruhan saya yakin kemampuan M1 di trek ini meski ada sedikit hal kecil yang harus kami tingkatkan.”

Hal sama diapungkan Valentino Rossi meski akan start dari urutan 7. Ia nyaman dengan M1-nya dan menurutnya punya kecepatan kompetitif. Bahwa hasil QTT-nya hanya ke-7 diakui Rossi tak lain karena kecerdikan pesaingnya memanfaatkan slipstream di lintasan, tak seperti dirinya.

Selain slipstream juga membaca racing line milik orang. Itu juga yang dialaminya di sesi-sesi  akhir QTT yang membuatnya terdampar ke-7. Padahal ada beberapa yang mengikuti dirinya malah di depannya. “Ya, kuncinya saat start. Jika bisa start bagus, saya yakin akan bisa mendapatkan hasil bagus di balapan. Kita lihat saja besok,” tegas The Doctor.

Artinya, pembalap pertama yang harus dilewati Rossi adalah Marc Marquez yang start dari urutan 6, persis di sebelahnya. Bisakah ia lakukan itu? Seperti Rossi bilang, kita lihat saja nanti! Yang pasti, duo Yamaha harus berjuang semangat ’45’ di seri ini. Kalau mampu, jangan menyisakan tempat di podium buat Honda.

Itu agar komposisi di klasemen pembalap maupun konstruktor bisa imbang lagi. Maklum, saat ini keduanya tertinggal poin yang tak bisa dibilang kecil. Lorenzo tertinggal 17 poin sedangkan Rossi defisit 36 angka dari Pedrosa yang memimpin klasemen dengan total poin 83. Buat Rossi, poin itu terbilang genting karena saat ini saja sudah kalah 8 angka dari Cal Crutchlow (Yamaha Tech3). Masa sih mau ditambah oleh si pembalap Yamaha Hitam itu? Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Mugello Italia, Semua Kelas Dan Sesi, 31 Mei – 2 Juni 2013

MotoGP 2013 Mugello (Jelang Race): Pedrosa Simpan Senjata Rahasia, Marquez Hadapi Rossi

MotoGP 2013 Mugello Italia Q2; Pedrosa Cepat Sempat Kesal, Crutchlow Emosi, Rossi Lunglai

MotoGP 2013 Mugello (Q2): Pedrosa Pole Sitter, Dovi 3 Besar, Rossi Bareng Marquez

BAGIKAN