nhk

MotoGP 2013 Mugello Italia (Jelang): Rawan Lorenzo!

ManiakMotor – Terpatok di urutan 3 klasemen sementara belum berarti kiamat buat Jorge Lorenzo. Tapi, kalah di Mugello akhir pekan ini jelas rawan untuk mempertahankan predikat juara dunia.

Beban Lorenzo terbilang berat menuju Mugello meski tahun lalu juara di sini. Tak lain karena pacuan Yamaha M1-nya yang belum juga kompetitif melawan Honda, setidaknya dalam tiga lomba terakhir. Kalah 11 poin dari Marc Marquez dan 17 angka dari Dani Pedrosa memang belum mencemaskan karena serial balap yang masih panjang.

Jika kalah lagi, terlebih gagal podium, peluang memang belum tamat. Tapi, jelas tak nyaman memasuki paroh musim kompetisi. Ini saja sudah meleset dari tergaet Lorenzo sejak pramusim lalu. Rencananya, ia bakal pol-polan di seri awal untuk mendulang poin sebanyaknya. Itu guna menjaga kemungkinan uberan lawan di seri-seri akhir seperti musim lalu, saat dihajar Pedrosa di 8 putran akhir. Untung saja, koleksi poinnya sudah cukup sehingga tetap jadi juara dunia.

Kini sebaliknya yang terjadi. Yang sudah dulang poin plus justru Pedrosa yang bidik gelar perdana musim ini. Itu bikin Lorenzo deg-degan seeer, terlebih memasuki Mugello pun belum dalam kondisi percaya diri 100%. Meski M1 sudah diutak-atik lagi usai jeblok di Le Mans, belum ada tanda-tanda apakah bakal bisa melawan atau bagaimana.

Apesnya lagi, RC213V saat ini dinilai ideal melibas trek Mugello yang banyak tikungan cepatnya. Trek lurusnya pun cukup panjang dan pastinya jadi santapan empuk Honda. “Sampai saat ini memang kelemahan kami di sektor tersebut., tikungan cepat dan trek lurus. Tapi, secara keseluruhan, trek ini juga cocok dengan Yamaha dan kami pun ada sejumlah kemenangan di sana. Tentu saja kami akan berusaha fight. Sesi FP akan sangat vital untuk medapat settingan terbaik,” jelas Lorenzo yang baru memetik poin 66 sedangkan Pedrosa 83.

Itu kalau set up-nya ketemu. Kalau tidak? “Tenang saja, kompetisi masih panjang. Yang paling penting sekarang adalah  meraih poin sebanyak yang bisa dilakukan,” katanya.

Artinya, strategi Lorenzo yang dicap suka ‘cari aman’ bisa saja terulang di Mugello. Jika memang ia pikir tak mampu mengejar lawan, ia tak bakal umbar nafsu untuk terus duel dengan risiko jatuh dan kehilangan poin. Lain soal jika sudah pada tahap penentuan gelar, jumpalitan di lintasan pun dijabani.

Jadi, maklumlah Brosist kalau di Mugello nanti masih ada kesan cari aman itu. Kecuali jika Lorenzo bisa terdepan, maka yang terjadi bukan cari aman tapi bertahan. Kesimpulannya, balapan hanya akan sengit bila Lorenzo dalam posisi dikejar. Gitu kali ya? Andro

Berita Terkait

MotoGP Mugello Italia 2013; Pedrosa Segar Bugar, Marquez Akan Bertarung 100%

MotoGP 2013 Italia (Jelang); Mengaku Kalah Kencang, Rossi Berjuang Menset-Up M1 Di Mugello

MotoGP 2013 Jelang Mugello: Momentum Pedrosa di Kandang Macan

MotoGP 2013 Italia (Jelang); Melacak Data Seimbang M1 Dan RC213V Di Sirkuit Cepat Mugello

 

 

 

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353