nhk

MotoGP 2013 Mugello: Tak Jadi Comeback, Spies Malah Back Duluan

ManiakMotor – Rencananya, Ben Spies akan lakoni comeback-nya ke ajang MotoGP setelah dua seri absen akibat cedera. Ia pun antusias masuk Mugello, Italia, untuk naik Desmosedici GP13 lagi.

Tapi, kondisi kesehatan Spies belum pulih betul akibat kecelakaan fatal di GP Malayia 2012. Terutama urat-urat dadanya yang memunculkan sakit luar biasa saat bergerak mengikuti irama Desmo 13. Itu dirasakan Spies kala mengikuti sesi FP1 pada Jumat lalu. Meski sukses masuk 10 Besar di FP1, eks pembalap Yamaha Factory Racing itu kemudian terpuruk ke urutan 16 FP2. Dan, pada dua sesi itu, sesungguhnya Spies menahan rasa sakit di tubuhnya dan kemudian menyadari kalau belum layak tarung kembali di ajang MotoGP yang membutuhkan kondisi fisik prima.

Sabtu (1/6) pagi  ia dan pihak Ducati Corse serta tim Pramac Ducati berembuk. Hasilnya, untuk sementara tak mewajibkan Spies terlibat dalam seluruh aktifitas tim agar dirinya bisa menjalani perawatan intensif sampai dinyatakan layak comeback.

Itu sebabnya nama juara dunia Superbike 2009 itu tak lagi ikut di FP3 dan seterusnya. Ia harus back home alias pulang lebih awal ke negerinya, Texas, Amrik, untuk  meneruskan pengobatan.

Sejak bergabung degan Prmac Ducati musim ini, keseharian Spies memang tak lepas dari cedera. Ia pun sempat jatuh di GP Austin, Texas, di depan penggemar setianya. Itu membuatnya absen di GP Spanyol dan Prancis. Di Jerez, tak ada yang menggantikannya karena tester Ducati Michele Pirro punya tugas lain untuk ngetes motor baru Ducati. Baru di Le Mans, Pirro tampil utuh menggantikan posisi Spies.

Dalam rilis tim Ducati Corse, tak ditegaskan berapa seri ke depan Spies akan absen dan siapa penggantinya. Tapi, layak diduga, calonnya tak lain adalah Pirro yang sempat bikin geger FP1 Mugello. Dengan motor uji cobanya, ia mampu tercepat kedua di bawah Marc Marquez. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Mugello (Q2): Pedrosa Pole Sitter, Dovi 3 Besar, Rossi Bareng Marquez

MotoGP 2013 Mugello Italia Q2; Pedrosa Tercepat Walau Kesal, Crutchlow Emosi, Rossi Lunglai

MotoGP 2013 Mugello (FP4 dan Q1): Pedrosa Tercepat, Marquez Lanjut Q2

MotoGP 2013 Mugello Jelang Q2: Marquez Gagal Ke-Q2, Gabung CRT di Q1


BAGIKAN