nhk

MotoGP 2013; Nakamoto Bicara Motor, MotoGP 2014 Akan Ramai

ManiakMotor – Tahun depan tim perorangan akan dapat motor nyaris setara pabrikan. Terutama dari Honda seperti dibilang Wakil Presiden Eksekutif HRC Shuhei Nakamoto. Proyek itu hampir rampung. Tenologinya beda pada penggerak klep dan girboks, makanya disebut nyaris setara. Yang akan dijual masih konvensional. Sedang pabrikan, konstruksi klepnya pneumatik dan giboks direduksi SSG (Seamless Shift Gearbox) seperti yang digunakan Repsol Honda Team (HRT).

Wah, masih jauh juga dong. Tetapi katanya bisa ditingkatkan, karena aturan bahan bakar bisa diisi 24 liter atau beda 4 liter dengan aturan murni pabrikan. Mesin juga dua kali lebih banyak atau 12 unit per musim. Maksudnya, silakan dikorek lagi ketika sampai di tim masing-masing. “Itu motor sudah sesuai yang diharapkan setelah dicoba di dyano test, dan berikutnya akan diuji di sirkuit,” cerita Nakamoto pada motogp.com.

Program yang pernah tertunda sebulan itu akan dikejar dengan mempersingkat riset. “Dari data yang ada, saya pikir ini akan menjadi motor yang bisa kompetitif. Tetapi harus terus ditingkatkan performanya dan terutama daya tahan yang akan memuaskan pelanggan,” lanjut Nakamoto.

Kecepatan riset juga tergantung pemasok suku cadang yang bekerjasama dengan HRC. Misalnya  Nissin dan Showa. Nissin adalah kelompok usaha Honda. “Pengembangan master dan kaliper rem, mesin dan sebagainya penting di MotoGP. Nissin di Le Mans dicoba Bradl (Stefan) dan ada perbaikan. Suspensi Showa oleh (Alvaro) Bautista yang bertanggung jawab untuk pengembangan suspensi Showa ke depan,” tutur Nakamoto pada dua produk yang akan digunakan pada motor yang bisa dibeli tim perorangan tahun depan.  

Nah ini dia, Nakamoto juga mengkaji kinerja pembalap HRT dalam empat seri 2013. Sayang, Nakamoto cerita motor yang dikebut Marc Marquez dan Dani Pedrosa itu, tidak mengungkap teknik yang dalam. Dia hanya berkomentar yang datar-datar saja. Bahkan menyebut girboks sebagai senajata utama pun, tidak.

Nakamoto hanya bilang, rada kaget dengan Marquez yang ternyata bisa menang dua kali balapan. “Saya tidak pernah membayangkan, Marc bisa menang dua kali. Itu adalah kejutan. Dani (Pedrosa), setelah gagal di Qatar, sejak  di Jerez berlanjut ke Le Mans, bermain baik. Saya berharap tetap seperti itu dan beruntun seperti yang dilakukannya tahun lalu. Mengenai Stefan, ia telah jatuh banyak dan mungkin terlalu banyak. Kami akan bekerja dengan LCR Honda MotoGP untuk memastikan perubahan nasibnya.”

 Juga dijamin tidak akan ada persaingan menuju juara dunia antara Pedrosa dan Marc. Itu ia telah buktikan pada Pedrosa dan Casey Stoner edisi 2010 dan 2011. Bahkan sampai saat ini Nakomoto masih beruhubungan dangan Stoner. “Ya, saya telah berbicara dan bertukar email dengan Casey, tapi hanya berbicara tentang V8 Supercar balapan di Australia. Dia menikmatinya, saya pikir dia akan berada di sana untuk sementara waktu.”

BERITA TERKAIT:

MotoGP Prancis 2013 (Race); Honda Pedrosa Dan Marquez, Terbukti Di Lintasan Basah Le Mans..!

MotoGP 2013: Dovi Bersaksi, Honda Memang Oke

MotoGP 2013: Juragan F1 Kecam Pembalap Yang Ributkan Ban

MotoGP 2013: Lorenzo Salahkan Ban, Aoki ‘Menyerang’ Balik




BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353