nhk

MotoGP 2013: Nongolnya Stoner Makin Misterius, Paruh Musim

ManiakMotor – Yamaha menjadwal tes SSG-nya pada 6-7 Agustus di Brno, Ceko. Tak kalah heboh, Honda datangkan Casey Stoner untuk tes istimewa di Motegi, Jepang, juga pada 6-7 Agustus. Bah, ada apa rupanya ini?

Program pengembangan girboks M1 itu sudah diumumkan resmi Yamaha. Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo memang sudah ngebet mau pakai itu SSG. Tak banyak rahasia tersimpan di sini, kecuali detil teknis SSG-nya. Ya itu memang harus dirahasiakan termasuk penggunaan tahun ini atau tahun depan soal SSG.

Lebih rahasia lagi dengan tiba-tibanya Stoner muncul setelah keukeuh pensiun akhir musim lalu dan ngotot dengan balap mobil V8. Datangnya pembalap Oztrali ini terlalu mendadak. Tak heran muncullah beberapa spekulasi. Keterangan resmi yang dikeluarkan petinggi Honda pun terkesan beda dengan fakta yang ada.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Soal pacuan yang bakal digeber Stoner di Motegi, misalnya, kabarnya akan pakai RCV versi 2012 sebagaimana ia pakai sebelum pensiun. Karena  itu pula perangkat garpu depan dan orang-orang Ohlins akan menyertainya dalam tes tersebut.

Satu lagi, Christian Gabbarini yang eks kepala mekanik Stoner itu (sekarang jadi penasehat teknis Repsol Honda) akan jadi pendamping di Motegi. MCN pun menyebut seluruh perangkat pendukung teknis buat Stoner langsung dikirim usai Laguna Seca lalu. Padahal, sebelumnya petinggi Honda bilang kedatangan Stoner untuk mengembangkan RC213V 2013 dan menguji spek RCV jualan untuk 2014.

Menjadi lebih misterius karena ada kabar lain kalau motor yang akan dipakai Stoner di Motegi akan diseting sama persis dengan pacuan yang ia geber pada Motegi 2012 yang menghasilkan finish kelima. Sangat tak jelas, untuk apa Stoner lakukan ini, makanya dibilang misterius.

Apakah benar hanya senang-senang dengan membuang dana,  tes produksi 2014, atau mmenag ada kaitannya dengan wild card di GP Australia atau bahkan kemungkinan kembali ke MotoGP musim depan. Entahlah, Gan, semuanya masih abu-abu. Stoner sendiri belum terus terang bilang untuk apa ia main-main ke Motegi.

Dugaan paling santer saat ini adalah keinginan Stoner untuk tampil khusus di GP Australia, 18-20 Oktober mendatang di mana ia jadi juara dalam enam tahun terakhir. Tapi, sekali lagi, itu cuma dugaan Bro. Untuk sementara soal Stoner ini bisa dibilang ndak ada yang pasti akan bagaimana atau ke mana. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013: Regulasi Baru 2014 Ditetapkan, Suzuki Masih Puyeng

MotoGP 2013 Strategi Paruh Musim; M1 Kejar Trek Pendek, RC213V Uber Trek Panjang

MotoGP 2013: Aprilia Digoda Jadi Tim Pabrikan 2014

MotoGP 2013; Kata Rossi Marquez Pakai Gigi Tinggi Menikung, Nih Maksudnya

BAGIKAN