nhk

MotoGP 2013; Paket Suspensi Bikin Rossi Paling Nyaman Saat Ini

 

ManiakMotor – Penggunaan garpu (fork) depan yang baru dipakai di Aragon saat test, tidak sekadar luar biasa buat Valentino Rossi. Katanya, itulah M1 paling nyaman sejak dia kembali ke Yamaha. Puji-puji dan sanjung-sanjung baru kali ini disuarakannya terhadap motornya. Ia tidak peduli dalam tes di Aragon, 20 Juni lalu hanya di belakang trio Spanyol. Rossi hanya mencetak 1 menit 49.007 detik dan trio itu 1.48 koma sekian.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Seperti biasa Rossi lelalu mencari setelan motor yang muda dikendarai. Baginya sekarang M1 yang dipacunya meyakinkan sesuai yang ia mau. Ia bisa melakukan pengereman keras dan deras dengan tenang tanpa menganggu kestabilan. “Bahkan bisa melakukan pengereman yang dalam (late breakking). Motor bisa dihentikan sebagainya menghentikan motor saat balap. Itu kemajuan yang tak terduga dan bermanfaat buat saya,” jelas Rossi seperti dikutip dari MCN.

Diberitakan bari lalu oleh portal ini, garpu depan atau sokbreker depan itu tidak berdiri sendiri. M1 Rossi juga menggunakan lengan ayun (swing arm) yang mirip-mirip karakternya dengan milik Jorge Lorenzo. Lengan ayun yang memegang roda belakang  itu lebih kaku.

Ilmu kira-kiranya, kru Yamaha Factory Racing (YFR) yang menangangi M1 Rossi, bisa mengkombinasikan untuk memperbaiki distribusi bobot. Persoalan yang dilacak sejak balapan di Jerez sampai test di sirkuit sama. Yag ujung-ujungnya berpengaruh pada pengereman di depan tikungan.

Faktanya seperti cerita Rossi yang selama enam seri MotoGP 2013 mengaku sekaranglah M1-nya bisa diadu. Lho, kemarin-kemarin belum diadu-adu juga ya? “Yang kemarin, bila terlalu keras pengereman, ban depan punya gejala akan melipat (tweak). Itu yang sering bikin ragu-ragu masuk lebih dalam di tikungan,” jelas Rossi yang mengaku sangat bersemangat.

Gejala ban seperti melintir dan melipat alias tweak tadi, walau kata Rossi sudah diajak belok lembut, tetap muncul dalam enam seri lalu. Maksudnya, Rossi yang selalu menyesuaikan setiap kali belok. Sekarang motor sudah satu tujuan atau sejiwa dengan gaya beloknya. Makanya, Rossi sudah tak sabar ingin mengujinya di sirkuit berbeda atau lomba benaran. Ya, yang terdekat di Assen, Belanda yang berlangsung Sabtu 29 Juni 2013, jadi bukan Minggu.

Buktikan Ros, you masih The Doctor. Ito    

BACA JUGA

MotoGP 2013; Gawat..! Rossi Dan Lorenzo Sudah Pakai 4 Biji Mesin, Jatahnya 5/Tahun

MotoGP 2015: Thailand Tuan Rumah, Indonesia Masih Omdo

MotoGP 2013: Ganas di Lintasan, Bautista Bicara Safety di Sekolahan

MotoGP 2013: Tunggu Tanggal Mainnya, Duel Rossi – Marquez di Luar MotoGP!

MotoGP 2013 Aragon (Tes): Marquez Puji Spek 2014, Tetap Pakai RC213V



BAGIKAN