nhk

MotoGP 2013: Pedrosa – Marquez Tolak RCV 2014, Makanya Stoner Didatangkan

ManiakMotor –  Honda sudah cukup kuat musim ini dengan memenangi 5 dari 9 ronde MotoGP yang dihelat. Lantas untuk apa Casey Stoner didatangkan? Itu pertanyaan menggelitik kembalinya Stoner meski dalam status test rider. Katanya sih untuk mengembangkan RC213V guna mengarungi sisa musim kompetisi yang masih menyisakan 9 putaran.

Tapi, sesungguhnya mungkinkah itu berkaitan dengan ‘kegagalan’ tes RCV prototype 2014 yang berlangsung 19-21 Juni silam di Aragon, Spanyol? Dani Pedrosa maupun Marc Marquez kala itu merasa versi 2014 biasa-biasa saja dan keduanya memilih tetap pakai ‘standar’ 2013. Artinya, mereka merasa lebih nyaman dengan pacuan saat  ini.

Vice President HRC Shuhei Nakamoto pun bilang tes pacuan 2014 itu memang plus minus. Itu baru saja ia bilang jelang tes khusus Stoner di Sirkuit Motegi, Jepang, nanti. “Saat tes di Aragon kedua pembalap kami menemukan plus minus pada versi 2014. Kami ingin mengembangkannya lebih lanjut lagi. Tes berikut berlangsung di Sirkuit Misano pertengahan September. Bila para pembalap menyukainya, kami akan siap menggunakan versi 2014,” tegas Nakamoto seperti dikutip MotoGP.com.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Sebelumnya, Nakamoto bilang tugas Stoner adalah menguji dan mengembangkan RC213V sekaligus meguji versi komersial yang musim depan akan dijual Honda kepada tim-tim independen. Jelas sangat layak mempertanyakan hal itu.

Untuk apa Stoner mengembangkan versi saat ini, yang merupakan hasil pengembangan di paroh musim tahun lalu dan sudah terbukti tokcer. Sudah membawa banyak kemenangan. Saat itu juga Stoner terlbat. Masa iya perlu sekelas Stoner untuk menguji versi komersial yang speknya di bawah motor tim satelit itu?

Logikanya sih yang dites adalah versi 2014, meneruskan produksi yang sebelumnya dijajal di Aragon. Siapa tahu di tangan Stoner dengan masukkannya semakin asoy dan kemudian bisa diterima Pedrosa dan Marquez pada tes lanjutan di Misano nanti. Kira-kiranya seperti itu karena HRC memang harus merahasiakan strategi, kan kompetisi Bro.

Atau, ada skenario lain? Misalnya, Stoner menyiapkan pacuan sendiri yang cocok buatnya dan terjun dengan fasilitas wild card di GP Australia nanti? Bisa saja terjadi meski para petinggi Honda sudah menegaskan tak ada wild card buatnya di sana. Atau, lebih jauh lagi, ini semacam tes buat Stoner untuk kembali ke MotoGP musim depan meskipun ia bilang masih nyaman dengan kepoutusannya pensiun?

Itu memang baru dugaan-dugaan saja dari portal ini Brader.Dugaan yang pastinya bertolak belakang dari pernyataan resmi seputar kembalinya Stoner. Dasarnya, ya penasaran saja, kok ia malah ditugasi mengembangkan versi 2013 dan versi komersial. Bukankah harusnya lebih masuk akal mengembangkan versi 2014 setelah ditolak Pedrosa dan Marquez? Namanya dugaan ya bisa benar bisa juga ndak, bagaimana nanti saja dilihat sama-sama. Andro

Berita Terkait

MotoGP 213 Furusawa Di Kubu Rossi Di Amrik, Hubungannya Dengan SSG M1..?

MotoGP 2013: Marquez Kirim Tantangan ke Lorenzo – Pedrosa

Motogp 2013: Crutchlow Ndak Galau, Sedang Nego Dengan 5 Tim

MotoGP 2013: Stoner Jadi Test Rider Honda, Bukan di Brno

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353