nhk

MotoGP 2013; Peluang Crutchlow Menaklukkan Understeering Ducati

 

ManiakMotor – Basis Ducati dan Cal Crutchlow sebenarnya klop. Ducati memilih Cal  pertimbangannya karena itu. Cal juga mau ditawari ke sana, karena dia telah mengukur dirinya karena itu juga. Berarti ‘karena oh karena’, dong.

Sembilan seri lalu 2013 Cal membawa M1 Yamaha Tech3 adalah karakter Ducati. Ducati sejak persoalan dari Valentino Rossi punya penyakit kronis pada understeering. Under atau melebar atau out pada racing line setiap masuk tikungan. Motor yang malas diajak ikut jalur. Telah berbagai analisa tekniks dunia menduga adalah konstuksi mesin ‘L’ yang bukan V pada Desmosedici. Salah satu silindernya maju ke-depan macam bebek.

Kata analisa itu membuat beban berlipat setiap kali terjadi perubahan bobot dari kecepatan untuk dipelankan masuk tikungan. Desmo  malah ingin lurus ketimbang mengikuti maunya pembalap mengubah arah. Untuk bisa tepat di jalur, pembalap terpaksa memelankan motor ketimbang lawan. Selama ini para pembalap Ducati menutupi kelemahan itu menyetel mesin kilat di trek lurus.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Perhatikan saja, setiap trek disinggahi MotoGP, top speed selalu ada nama Ducati di jajaran atas. Tetapi solusi ini seperti senjata makan tuan, karena saking kencang, motor sama saja, ogah belok. Kekencangan. “Saya nggak takut ke Ducati. Saya bisa membawanya kok,” jelas Cal dalam penjelasannya memilih Ducati 2014.

Gejala understeering yang tidak pernah sembuh di tangan Rossi itu, butuh gaya berbeda membalapnya. Dulu, Casey Stoner  berhasil, ia punya tipe saat rem ya rem. Buka gas, ya buka. Semua dilakukan serentak dan tiba-tiba yang disentak-sentak, kalau boleh dibilang dan memang sudah diketik, ya kasar.

Cal punya persamaan style dibutuhkan menunggang Ducati. Sebenarnya sih juga bukan nekat atau nyali besar, tapi sudah bawaan membalap. Cara seperti itu otomatis motor akan ikut sesuai arah belok. Rem deras misalnya, diikuti roda belakang geol-geol lantaran bobot tumpah ke depan. Geol-geol ini bisa dikoreksi membantu belok menutup understering seperti yang dilakukan Stoner. Usaii tikungan tidak ada cerita gas diurut, tapi betot seketika, lagi-lagi roda belakang ikut bergeser mempercepat sudut menikung.

Tahun lalu Cal sebenarnya sudah diisukan akan ke Ducati, tetapi yang dipilih adalah Andrea Dovizioso. Dovi juga punya gaya mirip tapi belum ‘sekasar’ Stoner. Sedang Cal membawa gaya ini dari supersports 600 dunia yang bikin namanya melambung di balap motor. Supersport yang aslinya untuk jalanan mirip-mirip dengan Ducati memerlakukan beloknya. Tetapi di supersport bukan pengaruh mesin, tapi derajat rake kemudi untuk jalan umum bukan balap seperti motor prototipe yang sudut kemudinya sempit.

Paling tidak, Cal yang orang Inggris punya bekal itu untuk dibawanya ke Ducati tahun depan. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2013: Crutchlow Resmi ke Ducati, Espargaro Pastikan Diri di Yamaha

MotoGP 2013: Crutchlow Pilih Berjudi di Ducati, Kabar Pasti

MotoGP 2013; Paruh Musim Valentino Rossi, Tetap Aktor Balapan

MotoGP 2013; Marquez Separuh Musim, Selalu Menang Di Sirkuit Sulit

MotoGP 2013 Strategi Paruh Musim; Antara SSG Rossi-Lorenzo Dan Stoner..!


BAGIKAN