nhk

MotoGP 2013: Regulasi Baru 2014 Ditetapkan, Suzuki Masih Puyeng

ManiakMotor – Regulasi baru 2014 telah dipatenkan. Isinya sama saja dengan draft sebelumnya. Hanya sedikit revisi untuk merangsang hadirnya tim baru pada jumlah mesin.

Seperti sejak jauh hari sudah disinggung, mulai musim depan tak ada lagi tim CRT. Yang ada hanya tim pabrikan, satelit, dan tim pengganti CRT yang nama resminya belum ada. Sementara disebut tim nonpabrikan, yakni tim-tim independen yang berafiliasi dengan tim pabrikan. Misalnya tim yang menggunakan paket RCV jualannya Honda dan  yang menyewa mesin Yamaha dengan membangun sasis sendiri, dan mungkin juga nanti tim pengguna Ducati.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Spek motor-motor iru di bawah pabrikan dan ECU-nya standar Dorna (seragam pakai Magneti Marelli). Lalu spek RCV misalnya masih menggunakan klep pegas dan pabrikan pneumatik. Maka katagori peserta ini pun dapat kompensasi dalam bentuk jatah mesin dan kapasitas bahan bakar. Mereka boleh memakai 12 mesin per pembalap setiap musim. Setiap balapan, motor spek yang ini juga boleh bawa 24 liter bahan bakar.

Beda dengan tim pabrikan yang hanya boleh pakai 5 mesin per tahun dan kapasitas tangki 20 liter. Tapi, kompensasinya, mereka boleh kembangkan ECU sendiri yang bisa dibilang ‘otak’-nya motor kencang. ECU ini jelas bukan dirangkai di Glodok, hehehe.

Itu sebenarnya jalan tengah yang ditetapkan Dorna agar kesenjangan sesama tim tak terlalu jomplang. Tadinya, Dorna ingin seragamkan penggunaan ECU standar made in Magneti Marelli ke seluruh tim. Tapi tim pabrikan menolaknya, khususnya Honda.

Satu hal baru yang diatur adalah jatah mesin buat tim pabrikan pendatang 2014. Misalnya kalau nanti Aprilia main di MotoGP maka pada tahun pertama berhak pakai 9 mesin, bukan lima seperti pemain lama. Selanjutnya dijatah 5 seperti pabrikan lain. Kayaknya ini memperi kesempatan riset sembari lomba.

Tinggal satu yang belum jelas, yakni status Suzuki yang akan kembali ke MotoGP musim 2015 nanti. Apakah statusnya pabrikan atau pendatang baru (tentu dengan segala kompensasinya)? Soalnya pabrikan ini pernah jadi peserta regular MotoGP dan baru keluar pada akhir 2011 karena faktor keuangan. Itu yang masih menggantung. Kabarnya itu pula yang membuat Suzuki tak terlalu siap masuk pada 2014. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Strategi Paruh Musim; M1 Kejar Trek Pendek, RC213V Uber Trek Panjang

MotoGP 2013: Aprilia Digoda Jadi Tim Pabrikan 2014

MotoGP 2013; Kata Rossi Marquez Pakai Gigi Tinggi Menikung, Nih Maksudnya

MotoGP 2013: Belum Perpanjang Kontrak, Bradl Tergantung Pergerakan Crutchlow

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353