nhk

MotoGP 2013:Rossi Butuh 110%, Pastikan Rivalitas Sengit

ManiakMotor – Dua sesi tes pra musim menghasilkan dua kisah berbeda dari Valentino Rossi. Berdasarkan dua kisah itu, The Doctor pun memprediksi kemungkinan-kemungkinan dirinya jadi seorang pemenang musim ini. Tapi dia akan membalap di atas kemampuannya sendiri.

“Dua Honda sangat impresif, Lorenzo pun begitu. Untuk bertarung ke podium maupun jadi juara, butuh usaha lebih dari 100% dan itu akan sangat sulit,” ujar The Doctor yang gemilang pada tes Sepang jilid 1 namun terkendala banyak persoalan teknis di Jilid 2 meskipun di saat-saat terakhir ia mampu mereduksi ketertinggalan waktu hanya 0,70 detik dari Lorenzo dan 0,500 dari Pedrosa.

Konsistensi Honda dalam dua tes Sepang jadi sorotan pemegang 7 gelar kelas primer itu. Kalau peserta MotoGP harus dapat limit waktu 107% untuk lolos kualifikasi, maka Yamaha pun butuh prosentase yang sama untuk kalahkan Honda. Dengan kata lain, Rossi berpikir Yamaha tak cukup hanya mengandalkan yang mereka miliki saat ini.

Ya, harus ada terobosan teknis. Sayangnya, Rossi tak mau mengumbar detil yang harus dikorek pada YZR-M1 saat ini. Maklum, ia ‘anak baru’ setelah dua tahun membelot ke Ducati. Seperti pengakuannya, ia belum dalam posisi menuntut. “Sejujurnya sudah saya rasakan itu pada saat tes pertama. Cuma, saat itu kegembiraan kelewat besar karena ada perkembangan drastis dibandingkan musim lalu (dengan Ducati). Sekarang ini bicara realita, akan sangat sulit mengalahkan dua Honda dan Lorenzo.”

Tapi, jelas bukan The Doctor dong namanya kalau hnya mengeluh dan menyerah begitu saja. Kira-kira samalah dengan seluruh awak portal ini. “Masih ada waktu, ini baru dalam tes. Masih banyak yang harus dilakukan. Yang pasti kompetisi musim ini akan berbeda. Lebih ketat dan target podium akan sangat menarik,” tambahnya.

Betul Brosist, memang menarik walau Rossi tetap tertinggal  waktu di single lap. Katakanlah ia masih akan kalah di kisaran setengah detik dari pesaingnya dalam tes lanjutan di Austin dan Jerez nanti. Tapi, saat balapan sesungguhnya, perbedaan waktu itu bukanlah problem serius karena The Doctor terkenal beda saat balapan sungguhan.

Itu diakui Lorenzo maupun Pedrosa yang sepanjang karirnya berhadapan dengan Rossi. Tak bisa mengabaikan Rossi dalam balapan meski kalah cepat dalam pengambilan waktu. “Karena ia seorang race rider, jauh lebih hebat saat balapan,” komentar Lorenzo.

Nah, untuk mendukung komentar Lorenzo itu, ini fakta dan statistiknya. Dalam 105 kemenangan The Doctor di semua kelas, ia hanya mencatatkan 59 pole position. Artinya, ia punya 46 kemenangan yang diraih meski kalah waktu di sesi kualifikasi. Bandingkan pula aksinya semasa bersama Yamaha periode pertama 2004 sampai 2010. Ia cetak 46 kemenangan dan itu hanya mencatat 29 pole dan fastest lap.

Kesimpulannya, belum saatnya meragukan The Doctor meski saat ini masih kalah kencang dari Pedrosa dan Lorenzo, dan belakangan juga dari Marquez. Rossi belum habissss dan ia tahu betul apa yang harus dilakukan pada saat bertarung karena ia memang seorang petarung, Bung. Mau bukti, tunggu saja sendiri hehehe! Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Latihan Sepang (Test 2); Empuknya Settingan Simulasi Pedrosa

MotoGP 2013; Ducati Mengaku Kencang Sebenarnya Pelan, Filippo Preziosi Out

MotoGP 2013: Kisah ‘Duel’ Valentino Rossi – Marc Marquez di Sepang

MotoGP 2013: Lorenzo – Rossi Tunggu-Tunggu Girboks SSG

MotoGP: Valentino Rossi ‘Selingkuh’, Kini Lengket Dengan Adam

MotoGP 2013: Masih Banyak Orang Yakin Rossi Bisa Juara

MotoGP 2013: Kata Rossi Pedrosa Punya Takdir Aneh, Marquez Seperti Dirinya

BAGIKAN