nhk

MotoGP 2013: Rossi Tolak Sasis Baru, Ngotot Minta Ganti Girboks

ManiakMotor – Tiga kali balapan sudah cukup buat Valentino Rossi untuk mengevaluasi kekutan dirinya di tengah persaingan dengan Honda dan anak muda. The Doctor kini tak lagi sungkan melayangkan permintaan ke Yamaha.

Rossi sudah tentukan akan pakai sasis lama untuk beberapa race ke depan. Ia menolak pakai sasis baru karena merasa tak ada perbaikan signifikan. Sasis baru itu sebenarnya sudah dicoba pada tes pra musim Jerez, namun tak maksimal karena gangguan cuaca. Dalam tes seharian di tempat sama beberapa hari lewat, cuacanya sangat cerah dan ideal untuk penentuan yang sebenarnya.

Ia jajal dan bandingkan dua sasis itu dengan set-up dan jenis ban sama. Hasilnya, seperti tulisan sebelumnya, menurut Rossi sama saja. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan pada area tertentu. Dan, selanjutnya, Rossi memilih yang ‘standar’ saja untuk diteruskan. Dengan sasis itu, ia finish ke-2, 5, dan 4 dalam tiga race awal di Qatar, Austin, dan Jerez. Itu pula yang akan dipakai tempur pada GP Prancis nanti. “Saya inginkan perubahan lebih, tapi sasis baru ini bukan jawaban,” tandasnya.

Selain daya tahan ban, menurut The Doctor, akselerasi adalah kelemahan paling krusial M1 dibandingkan RC213V milik Honda. Untuk menanggulanginya tak lain penggunaan girboks baru dengan sistem Seamless Shift Gearbox (SSG) sebagaimana dipakai Honda. “Saya yakin di situlah kuncinya. Saya pikir Yamaha sudah mengembangkan teknologi itu, tapi saya tak tahu kapan bisa digunakan. Saya sih berharap secepat mungkin,” tegasnya.

SSG adalah teknologi super mahal yang bisa bikin gerakan motor berakselerasi tak putus-putus, tapi berjalan  lembut dan stabil. Pembalapnya dibuat melayang jauh ke podium. Teknologi yang diadopsi dari kancah balap F1 itu, menghilangkan gejala wheelie, saking lembut namun kuat. Karena muyus, RC213V lebih bebas memilih ban. Tak khawatir kehabisan karet dalam lomba.

Sejak musim lalu, Lorenzo sebetulnya sudah minta SSG ini pada Yamaha. Itu permintaan utamanya setelah melihat performa Dani Pedrosa dalam 8 putaran akhir serial kompetisi 2012. Sayangnya, meski katanya tengah dikembangkan dan diuji coba, belum ada ketegasan kapan barang itu bisa dimainkan. Sampai kemudian Rossi pun menuntut hal sama.

Bos Yamaha Lin Jarvis pada MCN menerangkan, program pengembangan SSG itu masih berjalan di pabrik Yamaha di Iwata, Jepang. Hanya saja, Yamaha tak ingin buru-buru meluncurkannya dengan alasan keamanan buat para pembalapnya. Maklumlah, brosist salah satu giginya copot, pembalap seperti menabrakan diri ke tembok beton. Tak kalah penting adalah  agar barang itu nantinya meluncur dengan performa lebih baik dari kompetitornya. “Maklum, rival kami sudah dua tahun menggunakannya duluan.”

Betul Om Jarvis! Masa dibikin untuk kalah, kan ndak mungkin! Tapi, kapannnnnn? Andro

Berita Terkait

MotoGP Spanyol 2013; Lorenzo Salah Kira, Marquez Ternyata Sanggup Belok Sempit

MotoGP 2013 Jerez (Tes): Ducati Versi Baru Membaik, Dovi – Hayden Bergairah

MotoGP 2013 Jerez (Tes): Honda Fokus Suspensi, Yamaha Utak-Atik Sasis, Hanya Rossi Yang Beda

MotoGP 2013 Jerez (Tes): Marquez-Lorenzo Masih Panas-Panasan, Rossi Ke-8

MotoGP 2013 Jerez Spanyol: Rossi Tak Langsung Pulang, Mau Bangun M1 Lebih Galak

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353