nhk

MotoGP 2013 Sachsenring (FP1): Duka Ducati, Tiga Motor Rontok, Desmo Baru Cuma 10 Menit

ManiakMotor – Ironis, Brader! Dari 4 joki Ducati, hanya satu yang tampil mulus. Itu pun Michele Pirro yang statusnya test rider dan jadi penggani Ben Spies yang absen. Tiga lainnya rontok di free practice 1 di sirkuit Sachsenring, Jereman, Jumat, 12 Juli 2013.

Punggawa tim pabrikan Andrea Dovizioso dan Nicky Hayden menghancurkan motor di tikungan yang sama, R11 yang sedikit menurun dan langsung belok kanan. Berawal dari kecelakaan Dovi yang kehilangan grip roda depan. Badan dan motornya terlempar, bergulingan, dan pacuan baru itu rusak parah.

Dovi memang pakai spek baru Desmosedici GP13 yang sebelumnya banyak diuji Pirro. Motor laboratorium itu kali pertama dipakai balap ya di Sachsenring ini oleh Dovi. Sayang, umurnya hanya 10 menit. Dovi seperti sudah punya firasat sebelumnya. Meski belum ada perubahan signifikan pada motor baru itu, ia tetap jajal untuk balapan.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

“Kami tak sedang bertarung berebut poin dalam kejuaraan. Jadi, saya ambil resiko dengan mengendarai pacuan baru,” tutur Dovi saat tiba di Sachsenring dan benar resiko itu ia dapat setelah 10 menit ikut FP1. Untung, cederanya tak parah-parah amat.

Semenit kemudian kecelakaan serupa dialami Hayden di lokasi sama. Pacuannya yang standar Desmo 2013 pun rusak parah. Berikutnya, Andrea Iannone yang gabung di Pramac Ducati pun ikutan celaka. Anak Italia jebolan Moto2 itu juga pakai Desmo baru tapi beda sasis dengan yang dipacu Dovi. Kerusakan motor Iannone lebih seriush. Roda belakangnya bonyok, begitu pun swingarm-nya.

Pokoknya, mimpi buruklah buat Ducati di sesi FP1 itu. Hanya Pirro yang tak celaka. Mungkin karena bawanya pelan hehehe. Buktinya, catatan waktu terbaiknya nyaris dua detik dari fastest time milik Jorge Lorenzo dan berada di urutan 16. Mending Hayen dan Dovi yang masih dapat urutan 8 dan 10. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Sachsenring Jerman, Semua Kelas Dan Sesi, 12 – 14 Juli 2013

MotoGP 2013 Sachsenring Jerman (FP1); Lorenzo 1, Pedrosa 2, Rossi 3, Soal Free Practice

MotoGP 2013 Sachsenring (FP1): Masih Latihan, Sudah Tarik-Tarikan di 5 Besar

MotoGP 2013 Sachsenring (Jelang): Crutchlow Tak Mungkin Di Yamaha, Mungkin Ke Ducati

BAGIKAN