nhk

MotoGP 2013 Sachsenring (FP2): Rawan di R10-11, Dilibas Dengan Gigi 6

ManiakMotor – Tikungan atau radius (R) ke-10 dan 11 dan 11 Sirkuit Sachsenring, Jerman mendadak jadi momok. Dalam dua sesi free practice  (FP), Jumat 12 Juli 2013 tikungan ini jadi tempat ‘favorit’ untuk menjatuhkan pembalap.

Sejak FP1 banyak rider berjumpalitan di area ini. Tak cuma anak-anak Moto3 yang kurang pengalaman maupun Moto2, tapi juga menimpa para pembalap MotoGP. Valentino Rossi,  Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Cal Crutchlow, dan Nicky Hayden sudah mencicipi tricky-nya jalur lurus pendek antara R10 ke R11 itu.

Lintasannya menurun dan mendadak belok kanan sedikit di R11, manis-manis jambu memang. Kelihatannya manis, tapi jangan sampai menggigit biji jambunya. Di R ini pembalap MotoGP bisa melibas dengan 275 km/jam pakai percepatan atau gigi 6. Salaj jalur sedikit dan menungkit motor kelewat mendadak, arah motor akan kacau. Saat kacau itu, roda belakang ingin mendahului depan (melintir) dan tiba-tiba dapat grip untuk melempar pembalap ke udara. Kan itu yang disebut highside.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Harusnya dinas perhubungan di Jerman memasang logo tengkorak di situ. Isi pesannya; vorsichting aufpassen, hehe itu artinya hati-hati, banyak kecelakaan maut di sini. Makanya tiga motor milik Ducati, misalnya, hancur setelah terjungkal di situ. Yang cedera jelas ada. Paling parah Jorge Lorenzo, pelat titanium yang baru terpasang dua minggu kini kena benturan sampai bengkok. Highside-nya di R10 terbilang dahsyat. Akibatnya, rider andalan Yamaha itu harus pulang lebih awal dan tak akan mengikuti sesi selanjutnya.

Itu jelas pukulan besar buat Yamaha. Pembalap lain yang juga cedera lumayan sakit adalah Cal Crutchlow. Pembalap Monster Yamaha Tech3 itu justru dua kali jumpalitan di R11 dalam dua sesi FP. Yang kedua berakibat cedera lumayan menyakitkan pada tangan kanannya. Demikian kerasnya gesekkan pada aspal membuat sejumlah serpihan aspal menembus sarung tangannya dan menancap di kulit. Ia pun harus masuk klinik sirkuit dan dokter harus mencopoti kerikil halus itu satu per satu.

“Ia mengeluh kesakitan dan beberapa luka lecet membuatnya tak nyaman. Tapi, kita tahu Cal adalah pembalap yang tahan banting. Ia petarung sejati dan mentalnya sangat kuat. Malam ini ia harus istirahat dan saya yakin esok sudah akan siap tempur lagi dan memberikan hasil yang bagus buat dirinya maupun tim,” komentar bos Yamaha Tech3 Herve Poncharal.

Tapi, ya tetap saja harus waspada di area R10 dan 11 itu Bos! Itu tikungan tak kenal pembalap petarung atau bermental baja, kan sudah terbukti semua disikat. So, kita lihat di FP3 Sabtu (13/7), akan seperti apa pembalap melaju di kawasan itu? Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Sachsenring Jerman, Semua Kelas Dan Sesi, 12 – 14 Juli 2013

MotoGP 2013 Sachsenring (FP2): Pulang ke Barcelona, Lorenzo Pasti Tak Ikut Balapan

MotoGP 2013 Sachsenring Jerman (Jelang FP3); Pedrosa Soal Traksi, Salam Pada Lorenzo

MotoGP 2013 Sachsenring Jerman (FP2); 3 Honda Terdepan, Lorenzo Jumpalitan, Rossi 5

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353