nhk

MotoGP 2013 Sachsenring (Jelang): Enam Pembalap Berebut Posisi di Podium

 

ManiakMotor – Situasi terkini MotoGP membuat kandidat juara GP Jerman di Sirkuit Sachsenring pekan ini ada tiga yang berpotensi juara, tapi untuk perebutan podium melibatkan enam pembalap.

Jika sejarah acuannya, Dani Pedrosa calon terkuat. Parameternya tiga  kemenangan beruntun 2010, 2011, dan 2012 plus 2007. Itu penegasan Sachsenring yang anticlockwise sesuai karakter Honda RC213V dan riding style punggawa Repsol Honda itu. Reputasinya dalam 7 seri terdahulu pun oke punya sehingga memimpin klasemen sementara.

Wajarlah sejumlah bursa taruhan Eropa mengunggulkan Pedrosa. Tapi, seperti dikatakan Pedrosa, catatan prestasi itu hanya jadi bekal untuk pede, brur. Seuatunya akan dimulai dan ditentukan dari sesi-sesi awal. Intinya, ia tetap harus tarung maksimal untuk merebut gelar kelima di GP Jerman.

Siapa lawannya? Saat ini menempatkan tiga pembalap yang bertarung berebut gelar di Sachsenring, rival utama dianggap mampu menghadang Pedrosa bukanlah Jorge Lorenzo. Selain cidera bahu yang belum pulih, Lorenzo selalu sulit meraih gelar di Sachsenring. Itu sebabnya Valentino Rossi dan Marc Marquez masuk bursa.

Selain faktor pacuan masing-masing, reputasi Rossi dan Marquez di Sachsenring pun terbilang istimewa. Marquez menciipi tiga kemenangan beruntun dalam tiga tahun terakhir, sekali di kelas 125 cc dan 2 kali di MotoGP. Rossi lebih fenomenal, enam gelar juara di semua kelas.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Tapi, ingat Brader, tak berarti tiga punggawa unggulan itu boleh melupakan tiga pembalap lainnya yang juga berpotensi. Sebelum dapat kesempatan berebut gelar, trio Pdrosa-Rossi-Marquez itu harus lebih dahulu mengamankan Lorenzo-Cal Crutchlow-Stefan Bradl.

Ketiganya bisa merusak skenario tiga besar di podium. Salah satu dari mereka bisa menyempil sekaligus mengusir salah satu dari Pedrosa-Rossi-Marquez ke luar podium.

Meski belum 100%, terbuka kesempatan Lorenzo ke podium. Wong lagi patah tulang saja bisa finish ke-5 di Assen! Crutchlow pun tengah meroket melawan pabrikan. Bradl, puya dua kekuatan ekstra. Bradil termotivasi local hero, pujaan penonton tuan rumah, pentolan LCR Honda dengan pacuan RC213V ini pun mulai ngelawan. Di Assen ia start di row depan dan kali pertama dalam karir MotoGP-nya. Di negeri sendiri, seharusnya lebih dari itu pak, kan ditonton nenek dan kakek.

Jadi, GP Jerman pada Minggu (14/7) nanti seharusnya seru dan menegangkan ketimbang seri sebelumnya. Pertarungan di kelompok 1-6  akan jadi grup-grup tersendiri dan mudah-mudahan saja jadi pemandangan pertama sepanjang musim ini.  Situasi terkini menggambarkan begitu. Namun namanya prediksi ya begitulah Brosist, kadang benar dan kadang juga ngaco.  Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: LCR Honda Gagal Mainkan 2 Pembalap

MotoGP 2013: Rossi & Crutchlow Bawa Berkah, Tiket Inggris Harus Ditambah

MotoGP Sachsenring 2013 (Jelang); Marquez Akan Gelantungan Lagi Di Jerman

MotoGP 2013 (Jelang Sachsenring): Nasib Crutchlow Belum Jelas, Mungkin Dicaplok Ducati

 

 

 

 

BAGIKAN