nhk

MotoGP 2013 Sachsenring (Jelang FP3): Terkendala Saat Suhu Meningkat, Rossi Tetap Protagonist

ManiakMotor – Tanpa Jorge Lorenzo, Valentino Rossi bakal single fighter di Sachsenring. Optimisme memang terjaga meski M1-nya rada ngambek saat suhu lintasan semakin panas di sirkuit Sachsenring, Jerman dalam rangka seri 8 MotoGP, 12 – 14 Juli 2013.

Sachsenring tak seadem Assen saat Valentino Rossi jadi juara dua pekan lalu. Suhu di trek Belanda itu saat balapan hanya 18oC. Saat suhu lintasan meningkat, The Doctor pun langsung sadar kudu ubah-ubah setingan. Di FP1 di bawah suhu lintasan 21 derajat celcius, The Doctor bisa bikin fastest time 1:22,241 dan menempati urutan tiga tercepat di bawah Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa. Masing-masing hanya dipisahkan jarak 0,194 dan 0,020 detik. Rossi pun nyaman dengan set-up awalnya.

FP2 yang berlangsung pada suhu lintasan 37oC, Rossi sedikit kelabakan. Berbagai varian setingan pun dicoba, plus pilihan jenis ban dan tekanan anginnya. Tapi, hasil terbaiknya hanyalah 1:22,395 atau lebih lambat dari FP1 dan ke-5.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

“Itu tak terlalu jelek, beda tipis dari pembalap tercepat. Tapi, harus ada perubahan yang lebih ampuh agar bisa tetap bersaing di baris depan,” bilang Rossi sembari menegaskan pacuannya justru semakin bermasalah setelah beberapa laps di udara yang lebih terik, terlebih di roda depan sehingga sulit embawa M1 ke batas maksimal. Lho, kan garpu baru bro?

Namanya juga The Doctor bos, tentu saja akalnya banyak untuk meningkatkan performa. Ada sesi FP3, 4 dan warm up untuk pembenahan sebelum raceday. Ia telah punya gambaran apa dan bagaimana yang dibenahi. Karenanya VR46 itu tetap pede saat balapan nanti untuk bertarung seapik Assen. Maklum Rosifumi bukan mencari settingan kencang, tapi motor yang mudah dikendalikan.

Hal sama diapungkan Massimo Meregalli selaku Direktur Tim Yamaha Factory Racing. Ia membenarkan soal cuaca berubah makin panas, namun yakin hal itu tak akan jadi persoalan besar buat The Doctor seperti sebelum test Aragon. “Kami akan kerahkan semua energi untuk mengatasi hal itu. Saya yakin Valentino akan jadi protagonist (tokoh utama) pada balapan Minggu nanti,” papar Meregalli.

Wah yakin bangat ya si Om ini. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Sachsenring Jerman, Semua Kelas Dan Sesi, 12 – 14 Juli 2013

MotoGP 2013 Sachsenring (FP2): Rawan di R10-11, Dilibas Dengan Gigi 6

MotoGP 2013 Sachsenring (FP2): Pulang ke Barcelona, Lorenzo Pasti Tak Ikut Balapan

MotoGP 2013 Sachsenring Jerman (Jelang FP3); Pedrosa Soal Traksi, Salam Pada Lorenzo

MotoGP 2013 Sachsenring Jerman (FP2); 3 Honda Terdepan, Lorenzo Jumpalitan, Rossi 5

BAGIKAN