nhk

MotoGP 2013 Sachsenring (Race): Marquez Pertegas Dominasi Honda, Ambil Alih Klasemen

 ManiakMotor – Dalam 16 tahun terakhir, Honda mengoleksi 10 kemenangan di Sirkuit Sachsenring. Setelah tiga kemenangan beruntun Dani Pedrosa musim2010, 2011, dan 2012, kini Marc Marquez mempertegasnya dengan kemenangan telak pada Minggu (14/7).

Dibilang telak karena ia finish dengan gap 1,559 detik atas Cal Crutchlow (Yamaha Tech) dan 9,629 detik atas Valentino Rossi(Yamaha Factory Racing).

Yamaha sendiri baru meraih empat kemenangan di Sachsenring. Lewat Max Biaggi musim 2001 dan Valentino Rossi pada 2005, 2006 dan 2009. Pantaslah Rossi tak punya selebrasi meski finish podium untuk kali ketiga musim ini. Bahkan nampak kesal setibanya di paddock dan langsung curhat pada kru teknisnya. Doski baru senyum dan tertawa saat Crutchlow datang dengan canda khasnya.

Pantas juga sebenarnya kemenangan buat Marquez. Unggul teknologi SSG-nya membuatnya lebih mulus melahap trek Sachsenring yang membutuhkan akselerasi terus menerus sepanjang 13 tikungan. RC213V-nya tampak paling mulus keluar tikungan dan sangat mulus berpindah gigi melibas trek lanjutannya. “Motor sama sekali tak ada problem. Sejak sesi awal saya sudah merasa oke dengan semuanya,” tutur Marquez menjelang lomba, dan itu pula ia tegaskan seusai lomba. Dan, itu semakin mmpertegas label kalau Sachsenring itu memang milik Honda.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Sukses ini sekaligus membawa Marquez ke tampuk pemimpin klasemen dengan nilai 138. Ia meloncati Dani Pedrosa (136) dn Jorge Lorenzo (127) sekaligus. Sedangkan Crutclow dan Rossi kini mengoleksi nilai 107 dan 93, keduanya di posisi 4 dan 5.

Meskikini memimpin klasemen, Marquez cuma senyam-senyum saat ditanya ambisinya meraih gelar di musim pertamanya di MotoGP. “Tak ada pikiran ke sana. Saya hanya menjalani satu race ke race briutnya karena ini tahun pertamaku dan mencoba tampilsebaik-baiknya, termasuk ke seri Laguna Seca minggu depan,” tegasnya. Tapi, kalau ada kesempatan, kenapa nggak? Iya ndak, Kus?

Rossi sendiri mengaku sedikit kecewa dngan hasil ini karena performa motornya lebih buruk dari sesi sebelumnya. Sempat memimpin balapan di awal, kecepatannya mulai kendur sehingga dengan mudah dilibas Marquez dan Crutchlow. Ia tak bisa memaksa lebih cepat lagi. “Apa pun, podium di sini sangat penting tapi kami harus berpikir lebih keras untuk mengembangkan pacuan lebih paten lagi ke seri berikutnya,” ujar The Doctor.

Beda dengan Crutchlow yang girang betul dengan podium keempatnya musim ini. “Jujur, sangat sulit mengejar Marc hari ini. Pacuannya melaju fantastis di trek ini,” katanya. Lha iyalah, kan penonton juga melihat hal sama.

Cuma ya Yamaha tak perlu bersedih hati. Pasalnya kini hanya selisih satu angka dengan Honda di klasemen konstruktor. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Sachsenring Jerman, Semua Kelas Dan Sesi, 12 – 14 Juli 2013

Klasemen MotoGP 2013, Moto2 2013, Moto3 2013

MotoGP 2013 Sachsenring Jerman (Race); Marquez Unggul SSG, Rossi Tetap Podium, Cal Semengat..!

MotoGP 2013 Sachsenring Jerman; Pedrosa Tidak Ikut Bertanding, Kurang Sehat..!

MotoGP 2013 Sachsenring Jerman Warm Up: 4 Besar Berdebar-Debar

BAGIKAN