nhk

MotoGP 2013; Seleksi Asia Talent Bebas, Tidak Pandang Merek

 

ManiakMotor – Seleksi penunggang Honda NFR250 untuk event Shell Advance Asian Talent Cup yang jadi suppporting race MotoGP di Asia 2014, sifatnya bebas. Calon-calon silakan mendaftar dari pembalap Honda, Yamaha, Suzuki dan bahkan pembalap liar. Penentunya adalah yang terbaik dari Indonesia nantinya kan diseleksi ulang untuk memilih 24 pembalap inti.

Sebebas-bebasnya umur harus 14 – 20 tahun, punya bakat membalap. “Saya ulangi , tidak ada jatah dari enam negara di Asia yang jadi tempat serinya. Contoh kotornya, bila dalam seleksi itu semua pembalap Indonesia, ya nggak masalah. Karena seleksinya dimulai dari QTT dan lomba yang bertahap,” kata Bambang Gunardi yang baru pulang dari Assen, Belanda.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Bambang yang ditunjuk Dorna, promotor MotoGP sebagai pelaksa dua seri pada event yang  bernama lengkap Shell Advance Asia Talent Cup (SAATC) itu. Kebetulan dua seri yang dipegang Bambang tidak masuk dalam supporting race MotoGP karena lokasinya di Indonesia dan Sentul.Empat seri lainnya jadi pengisi MotoGP Qatar, Jepang, Malaysia, dan India bersamaan dengan WSBK.

Kembali ke seleksi yang diawali dari negara masing-masing. Lalu puncak seleksinya di sirkuit Sepang, Malaysia, pada 14 dan 15 Oktober 2013, tepat setelah selesai seri 15 MotoGP Malysia pada 13 Oktober. Saat itu wakil-wakil yang terpilih dari negara masing-masing akan diadu untuk memilih 24 pembalap inti yang nantinya akan ikut enam seri SAATC. Diprediksi pembalap Indonesia akan bersaing ketat dengan Jepang, Malaysia dan Thailand. “Setelah jadi pembalap inti semua biaya ditanggang panitia. Pokoknya tinggal balap,” tegas Bambang.

SAATC dibentuk Dorna untuk mensetarakan bakat-bakat Asia persis yang terjadi di Eropa. Carmelo Espeleta bos Dorna, menganggap Asia sebagai pasar motor terbesar khususnya Asean, tapi bakatnya sangat jarang. Apalagi melihat kemampuan pembalap Asean yang setiap kali datang ke prototipe hanya jadi bulan-bulanan dan akhirnya pulang kampung dengan teratur. Makin iba melihat dua pembalap Indonesua tahun ini di Moto2, hehehe, becanda….

Pokoknya SAATC akan dikemas seperti Red Bull Rookies Cup di Eropa yang lulusannya adalah Marc Marquez, Bradley Smith dan Stefan Bradl  atau CEV Repsol Championship di Spanyol. Peserta SAATC langsung diperkenalkan dengan Honda NFR250 yang spesifikasinya sudah prototipe yang setara Moto3. Mudah-mudahan Pak Espeleta yang dulu gondrong itu, ke depan bukan iba tapi mengakui bakat Asia, termasuk Indonesia. Miolo

BACA JUGA

MotoGP 2013; AHM Sambut Mainan Dorna Di Indonesia, Langsung Tangga Prototipe

MotoGP 2014: Indonesia Masuk Di Mainan Baru Dorna, Gunardi Tukangnya

 

 

         

 

 

BAGIKAN