nhk

MotoGP 2013; Sentul Seri 2 Shell Advance Asia Talent Cup, Alberto Puig Pengawas Bakat

 

 

ManiakMotor – Ini dia penyaluran prestasi pembalap Indonesia di Shell Advance Asia Talent Cup (SAATC).  Dorna Sports SL selaku promotor turnamen ini telah merilis sirkuitnya dan penegasan fungsi SAATC. Bahwa lomba ini untuk menjembatani pertumbuhan pasar motor di Asia terutama Viatnam, Indonesia, Cina, India dan sebagainya.

Khusus Indonesia jelas menghapus konotasi terhambatnya talenta balap karena sejak dini mulai dari bebek. “Tenang, SAATC punya orang khusus pemantau bakat yang jeli lewat Alberto Puig. Bahkan mungkin mereka punya bakat  fantastis di olahraga ini. Proyek ini pasti akan sukses,” jelas Carmelo Ezpeleta sebagai CEO Dorna, prmotor MotoGP itu. Puig yang menemukan Dani Pedrosa dan bakat-bakat lain di Spanyol dan juga punya sekolah balap motor di negara matador itu.

  {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Maksud Pak Ezpeleta soal pasar, selagi permintaan akan motor tinggi, bisnis sampingannya juga mengikuti. Sebab bisnis motor  tidak berdiri sendiri. Termasuk di dalamnya racing alias balapan. Di sampingnya lagi suku cadang yang masuk di situ adalah pelumas. Makanya Shell yang pasarnya di Asia berkembang jadi donatur. Sementara Honda bertugas  penyuplai motor  NSF250R yang prototipe. Dengar-dengar spesifikasinya setara Moto3. Tapi soal spesifikasi ini baru diumumkan di Sepang. Yang jelas berbeda dengan Red Bull Rookies Cup yang mengunakan GP125, NSF250R adalah 4-tak, ya mirip-mirip dengan Moto3 yang di Jepang GP3.

Menurut Bambang Gunardi yang masuk dalam lingkaran SAATC, balapan ini sangat melibatkan Indonesia.  “Sentul untuk sementara di jadwal dapat seri 2. Tetapi tanggal pastinya belum ditentukan, karena akan mengikuti jadwal MotoGP 2014. Setelah seri pertama di Qatar, baru ke Sentul,” jelas Bambang yang ditugasi Dorna sebagai penyelenggara di Sentul dan Cina.

SAATC 2014 akan memilih 22 pembalap reguler berlomba secara gratis. Modelnya academy macam Red Bull Rookies Cup  di Eropa. Batas umur yang diperbolehkan adalah 14 sampai 20 tahun. Seleksi sudah berlangsung 2013 ini saat MotoGP berlangsung di Sepang, Malaysia, 14 Oktober 2013. Nah di situ sudah ketahuan nama-nama pembalap Indonesia yang terpilih.

SAATC akan memperkenalkan langsung atmosfer balapan prototipe. Karena selain motornya racing betulan yang bukan korekkan, balapannya sudah tingkat dunia. Ada tiga seri SAATC jadi supporting race MotoGP dan satu seri dengan WSBK. Dua seri lainnya berdiri sendiri yakni di Sentul dan Cina. Serinya dimulai dari Qatar, Indonesia (Sentul), Cina, Jepang (Motegi), Malaysia, serta di India (Buddh Sirkuit). Ito

BACA JUGA

MotoGP 2013; Seleksi Asian Talent Bebas, Tidak Pandang Merek

MotoGP 2013; AHM Sambut Mainan Dorna Di Indonesia, Langsung Tangga Prototipe

 

BAGIKAN