nhk

MotoGP 2013 Silverstone Inggris (Jelang FP3-4): Rossi Masih Berusaha, Tetap Ceria..!

ManiakMotor – Valentino Rossi dari Yamaha Factory Racing di free practice 1 dan 2 yang berlangsung Jumat 30 Agustus 2013, cuma ke-6 dan ke-5 di Silverstone, Inggris. Tetapi ia mengaku luamayanlah untuk hari pertama. Yang penting katanya ia menikmati dan merasa bisa meningkatkan performa dirinya bersama pacuannya agar makin stabil di sesi-sesi berikutnya. Untuk motor soal peningkatan distribusi bobot pada sirkuit tancap gas terus tersebut.

Rossi tidak bisa langsung menyesuaikan dengan prima, lantaran ini tahun pertamanya kembali dengan Yamaha di Silverstone. Dua tahun lalu katanya di sirkuit ini hanya penderitaan yang ia dapat. Makanya, posisi lima di FP2 sudah cukup okelah. “Perasaan terhadap motor dan sirkuit baik. Saya menikmati kecepatan motor di FP1 dan 2,” jelas The Doctor dengan ceria.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Memang 2010 doski punya kesempatan saat pertama kali sirkuit ini digunakan. Saat itu ia masih menunggang M1. Apa boleh ‘baut’, mur pada kendur, seri Silverstone saat itu seminggu sesudah Mugello. Padahal di Mugello itu, Rossi cidera berat sepanjang karirnya yang patah kaki. Ia pun tak bisa ikut di Silverstone yang sebelumnya seri Inggris diadakan di  Donington Park.

Kata Rossi, Silverstone butuh keseimbangan yang halus dari segi bawa motornya dan set-up motor untuk kecepatan tinggi. “Sangat cepat ini trek. Kecepatan rata-ratanya sangat tinggi. Treknya juga sangat luas dan motor maunya cepat dalam waktu yang lama, sekalipun dalam posisi menikung,” tambah Rossi menceritakan pengalamannya di FP1 dan 2.

Karena itu, timnya dan dirinya akan fokus menyetel onderdil motor agar tetap enak melaju di racing line saat FP3, FP4 dan nantinya Qualifying 2. Sebab, di FP2 pun Rossi masih ketinggalan 0.7 detik sekian-sekian dari yang tercepat. Di zaman Rossi sih tertinggal segitu mah eces. Kan yang penting saat lomba konsisten.

Sekarang gimana Ross? “Masih diusahakan menemukan set-up untuk pembagian distribusi bobot saat menikung kecepatan tinggi. Tenang, masih ada sesi latihan lain Sabtu ini,” tutup Rossi yang tidak memunculkan soal trek bergelombang Silverstone yang jadi topik cerita di hari pertama.

Kalau sudah ditutup, ya sudah titik. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Silverstone Inggris 2013, Semua Sesi & Kelas, 30 Agus – 1 September

MotoGP 2013 Silverstone Inggris FP2; Lorenzo Membalas, Marquez Ke-2, DP Ke-3

MotoGP 2013 Silverstone Inggris Free Practice 1 (FP1); Marquez Tercepat, Ditempel Lorenzo

MotoGP 2013 Silverstone Inggris: Marquez Pura-Pura Takut, Sikat Saat Race..!

MotoGP 2013 Jelang Silverstone: Naik ke MotoGP, Redding Pacu Honda

 


BAGIKAN