nhk

MotoGP 2013 Silverstone Inggris (Jelang): Strategi Beda Lorenzo, Rossi Cari Pengalaman


ManiakMotor – Misi beda dilakoni dua petarung Yamaha M1 di Silverstone, Inggris. Jorge Lorenzo jelas masih memburu poin dan memang masih punya kesempatan. Valentino Rossi, meski senior banget, ya memang betul doski kali ini cari pengalaman di event yang sudah mulai berlangsung 30 Agustus dengan sesi free practice 1 dan 2, hari ini.

Seperti sudah disinggung-singgung dalam artikel sebelumnya, JL harus, mesti, terpaksa dan apa pun istilah lainnya untuk menaklukkan Marc Marquez di Silverstone. JL wajib memangkas poin di klasemen karena kini jarakya sudah 44 angka. Jika Marquez dibiarkan menang dan JL katakanlah sebagai runner-up, maka selisih poin menuju 6 seri sisa jadi 49.

Jika sudah begitu, terlebih jika Honda finish 1-2 kembali seperti di Brno, maka sungguh berat perjalanan JL berikutnya jika tidak mau dibilang mission impposible. Sudah berat untuk perebutan gelar dengan tunggangan yang imbang dan pembalap yang setara?

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

JL pun sadar situasi macam itu. Katanya dalam jumpa pers jelang Silverstone,  ia terapkan strategi beda untuk Silverstone. Bagaimana itu, ya rahasia dong Masbro? “Kami harus tunggu sampai sesi Sabtu untuk bisa melakoninya. Kami harus sepenuhnya fokus pada persiapan untuk memenangi balapan. Untuk sementara, lupakan selisih poin di klasemen,” tegas JL sembari lempar perang strategi di kerumunan pembalap yang diundang jumpa pers seperti Cal Crutchlow, VR46, MM, DP dan Stefan Bradl.

Soal peluang, lanjutnya, sampai saat ini berkeyakinan M1 lebih diuntungkan oleh tipikal trek Donington yang tekongan-tekongannya bisa dilalui dengan cepat. Tak ada tikungan yang memerlukan gigi rendah yang sejauh ini jadi kelemahan M1 dibandingkan RC213V. “Kualitas pacuan saat ini belum berada pada titik yang saya harapkan agar mampu memenangi lomba. Tapi, segala sesuatunya bisa berubah sangat cepat, termasuk di Silverstone. Jadi, motivasi saya sama sekali tak berubah,” ujar JL.

Beda dengan The Doctor yang akan jalani pengalaman baru di Silverstone. Ia tak pasang target harus bagaimana, selain berharap bisa lebih cepat di trek ini. Maklum, ini pengalaman pertama The Doctor menggeber M1 di Silverstone. Ketika masih di Yamaha dan GP Inggris dipindah dari Donington Park pada musim 2010, Rossi tak ikut start akibat kecelakaan fatal di seri sebelumnya, Mugello, Italia.

“Dua musim kemudian, 2011 dan 2012, sayangnya pacuan tak mumpuni meski treknya sangat saya suka. Jadi, saya tak punya kenangan manis di trek ini. Ini kali pertama pakai M1 di sini, semoga semakin cepat dan bisa ke depan,” tutur The Doctor yang musim 2011 dan 2012 membesut Ducati. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Jelang Silverstone: Perang Sesama RC213V, Duel Panjang MM vs DP

MotoGP 2013 Jelang Silverstone Inggris; Rossi Ingin Ke Depan Di Sirkuit Cepat..!

MotoGP 2013 Silverstone: Songsong Start Ke-100, Dovi Pasrah di Ducati

MotoGP 2013 Silverstone: Laga Emosional Crutchlow, Maunya Jadi Sensasional

 

 
BAGIKAN