nhk

MotoGP 2013 Silverstone (Jelang Race): Sabtu Buruk Buat Crutchlow, Kejar MM dan JL Ibarat Mendaki Bukit

ManiakMotor – Tiga kali sudah Cal Crutchlow main MotoGP di Sirkuit Silverstone, sejak debutnya pada 2011. Tiga kali itu pula ia selalu apes di hari Sabtu.

Kecelakaan musim 2011 tak begitu dapat sorotan, maklum masih jadi anak bawang. Tapi, kecelakaan fatal pada musim2012 membuat namanya melambung tinggi. Start dari urutan 20 dengan kondis sakit-sakitan, ia akhiri balapan di urutan 6. Penonton pun berikan standing aplaus untuknya.

Sabtu (31/8) kebali jadi hari sial Crutchlow di sirkuit kandang sendiri. Ia dua kali terlempar dari motornya pada sesi FP3. Yang pertama cukup fatal karena motor Yamaha M1-nya hancur berantakan, jauh lebih parah dari kecelakaan kedua. “Yang pertama karena kebodohanku sendiri, sudah memaksa laju padahal kondisi ban belum cukup panas. Yang kedua terjadi akibat kecelakaan pertama. Tanganku sakit dan tak kuat mengontrol motor yang bergetar tinggi saat pengereman. Ini memang kejadian normal di sesi Sabtu. Untungnya tak separah 2012,” candanya.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Dan, dengan motor cadangan plus tangan yang masih kesakitan, akhirnya Crutchlow selesaikan sesi Q2 dengan posisi front row. Ia akan start di baris depan mendampingi Marc Marquez (Honda) dan Jorge Lorenzo (Yamaha Factory Racing) yang mendominasi semua sesi.

Bicara keinginan, ia sangat ingin meraih gelar juara kali perdananya di Silverstone, sebagai kenangan manis buat Yamaha Tech3 yang musim depan ia tinggalkan. Namun, jika bisa sampai finish dengan posisi podium saja pun sebenarnya sudah hebat, setidaknya kali pertama lagi buat Inggris di podium kelas primer setelah terakhir kali oleh Jeremy McWilliams pada musim 2000.

“Jarak dengan Marc dan Jorge masih sangat jauh. Berat mengejar mereka, ibarat mendaki bukit terjal. Tapi, saya akan kerahkan seluruh yang saya punya demi fans Inggris. Dukungan mereka hari ini sangat luar biasa dan itu sangat berperan membangkitkan semangat, dari kegalauan saat kecelakaan sampai kekuatan ekstra mendapatkan front row untuk race besok. Saya ingin mereka besok bersorak untukku,” tutur Cructhlow yang sehari sebelumnya sempat disengat tawon.

Musim ini sudah beberpa kali ia start di depan, termasuk dua posisi pole, tapi belum juga menghasilkan gelar juara. Hebat di single lap belum bisa ia teruskan jadi hebat juga di balapannya. Selalu kalah daya tahan dengan pacuan pabrikan milik Honda dan Yamaha. Tapi, siapa tahu kali ini berbeda. Yang jelas, ia janjikan perlawanan alot di tengah-tengah alotnya rivalitas Marquez dan Lorenzo. Siapa tahu, kan semua kemungkinan bisa terjadi! Begitu lho Masbro! Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Silverstone Inggris 2013, Semua Sesi & Kelas, 30 Agus – 1 September

MotoGP 2013 Silverstone Inggris (Q2): Marquez Ditempel Lorenzo, Tarung Rapat, Bikin Rekor 5 Kali

MotoGP 2013 Silverstone (FP4): Lorenzo Makin Tajam, DP Naik, MM Menurun

MotoGP 2013 Silverstone Inggris (FP3): Kembali Marquez Dibayangi Lorenzo, Kedudukan 2-1

BAGIKAN