nhk

MotoGP 2013 Silverstone: Parade Mengenang Sheene dan Kejayaan Suzuki

ManiakMotor – Sudah sangat lama Inggris tak wara-wiri jadi juara di kelas primer. Mungkin untuk membakar semangat dan motivasi pembalap muda negeri itu, ‘roh’ Barry Sheene pun didatangkan ke Sirkuit Silverstone, Minggu (1/9).

Sheene salah satu pembalap fenomenal Inggris. Ia raih gelar juara dunia GP 500cc musim 1976 dan 1977 bersama Suzuki. Ia meninggal pada 2003 dalam usia 52. Berbarengan GP Inggris pekan ini, penyelenggara pun bikin acara parade khusus dalam rangka peringatan 10 Tahun kepergiannya.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Parade ini akan menyertakan beberapa pacuan kesayangan Sheene yang dikendarai sejumlah kerabat almarhum, termasuk sang anak Freddie Sheene yang juga pembalap motor. Putrinya, Sidonie, juga ambil bagian. Peserta lain dalah para sahabat, rekan satu tim, bahkan para rival Sheene di zamannya macam Steve Parrish dan Randy Mamola. Sayang, musuh bebuyutannya, Kenny Roberts (AS) belum diketahui apakah ikut dalam parade ini atau tidak.

“Peringatan akan mengingatkan kenangan luar biasa bagi fans Inggris yang tak sempat menonton aksi Sheene di masa lalu. Sejumlah motor yang dikendarainya bisa dilihat di sini. Ini peringatan istimewa karena Sheene adalah pembalap Inggris terakhir yang mampu jadi juara dunia kelas primer,” tutur Parrish, rekan setim almarhum dan kini aktif sebagai komentator MotoGP.

Duel terhebat Sheene di Silverstone terjadi musim 1979. Ia dan Suzukinya tarik-tarikan dengan Roberts (Yamaha) di sepanjang lomba. Sheene kalah saat tiba di garis finish dengan selisih 0,030 detik namun aksinya membuat emosi penonton meledak-ledak. Nah, kini itu tugas  Cal Crutchlow dan Scott Redding, jagoan Inggris saat ini di MotoGP dan Moto2 untuk membuat histeris penonton pekan ini. Apalagi, harga tiket sudah naik jadi 80 poundsterling, lebih mahal dari nonton langsung laga MU-Chelsea di Premier League yang hanya 60 poundsterling. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Jelang Silverstone: Kalah Lagi, Selesai Sudah Lorenzo

MotoGP 2013 Silverstone Inggris (Jelang): Yamaha Serius ‘Balas Dendam Nih..!

MotoGP 2013 Silverstone Inggris (Jelang); Harusnya Cerita Rossi-Lorenzo, Sirkuit Kilat..!

MotoGP 2013 Jelang Silverstone Inggris; Pedrosa Menantang Siapa Saja..!

BAGIKAN