nhk

MotoGP 2013; Sirkuit Catalunya Tempat Duel Sengit Rossi – Lorenzo 2009, Mungkinkah Terulang?

ManiakMotor – GP Catalunya di Barcelona, Spanyol, menyimpan banyak duel-duel berkesan MotoGP. Salah satunya Valentino Rossi – Jorge Lorenzo pada 2009. Itu duel cantik yang pasti diingat para pecinta MotoGP.

Saat  itu percik permusuhan belum parah antara kedua pembalap Yamaha Factory Team itu. Tapi, suhu rivalitas sudah mendidih di lintasan. Pada sesi FP dan QTT, Rossi – Lorenzo sudah gontok-gontokan main waktu tercepat. Selisih waktunya tipis semua. Lorenzo yang raih pole position pun hanya unggul 0,013 detik atas Rossi.

Pusat perhatian langsung dan selalu terpusat kepada keduanya. Berkali-kali saling susul dalam 25 putaran, di trek lurus maupun di tikungan dengan sudut dan celah sempit. Bukan hanya penonton yang berkali-kali tarik nafas, tapi juga kru Yamaha di garasi mereka. Pasukan Rossi dan Lorenzo tak tahan untuk tak teriak-teriak setiap saat pembalapnya bikin manuver menakjubkan.

Di lap terakhir, saling susul masih terjadi. Dan, dengan masing-masing mengerahkan seluruh kemampuan jelang garis finish, The Doctor yang jadi juara dengan gap waktu 0,095 detik. Itu sekaligus gelar terakhir The Doctor di Catalunya dari 5 kemenangan di kelas primer.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Inilah gambaran betapa cepat dan heroiknya Rossi – Lorenzo saat itu. Casey Stoner (saat itu Ducati) dan Andrea Dovizioso (Repsol Honda) mereka tinggalkan dengan jarak hampir 9 detik. Urutan lima dan seterusnya tertinggal antara 19,8 sampai 55 detik.

Kini Rossi dan Lorenzo kembali jadi joki M1, tapi dengan kondisi yang berbeda. Lorenzo lagi di atas angin dengan dua kemenangan musim ini, sementara The Doctor tengah berjuang, hanya manggung sekali saja dalam lima putaran. Mengacu performa keduanya musim ini, rasanya hanya keajaiban saja yang bisa bikin Lorenzo – Rossi mengulang duel klasik itu. Tapi, jangan lupa juga Bro, keajaiaban itu bisa saja terjadi meski sulit dari tinjauan teknis.

Sekarang kedua rider sesama Yamaha yang tak lagi musuhan itu pun kini menyambut Catalunya dengan target berbeda. Lorenzo yang masih segar bugar dengan kemenangan di Mugello, bertekad memepet Dani Pedrosa di  klasemen sementara yang kini berselisih 12 poin. “Saya sangat percaya diri. Banyak bagian lintasan yang cocok dengan karakter M1. Dari 13 tikungan yang ada, hanya beberapa bagian yang lebih lambat dari Mugello,” kata Lorenzo.

Beda dengan Rossi yang masih tahu diri untuk memancang target podium saja. “Beberapa hari setelah kecelakaan di Mugello, badanku masih kesakitan di beberapa bagian. Ini perlu terapi dan latihan khusus untuk  menanggulanginya. Sangat penting meraih podium di Catalunya dan saya harus berusaha keras agar bisa start dari baris depan,” ujar The Doctor.

Apa boleh buat, baru sebatas itulah angan-angan Rossi jelang Catalunya. Andaipun ia bisa start dari depan, masih tetap tanda tanya apakah memori 2009-nya bersama Lorenzo bisa terulang. Terlebih kini ada Dani Pedrosa dan Marc Marquez yang tak kalah garang dari Lorenzo. Jadi, apakah logis menunggu keajabaian dari Rossi saat ini? Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Catalunya Spanyol; Pedrosa Tak Mau Prediksi, Penonton Mendukungnya

MotoGP 2013; Rossi Latihan Fisik Terus Dengan Motocross, Persiapan Catalunya Spanyol

MotoGP Catalunya (Jelang): Gagal di 2013, Rossi – Crutchlow Bisa Setim di 2014

MotoGP Catalunya 2013 (Jelang): Marquez Dapat Pencerahan dari Freddie Spencer

 

BAGIKAN