nhk

MotoGP 2013: Songsong GP Indianapolis, Pedrosa Kesampingkan Rossi

 

ManiakMotor –  Terpuruk di awal musim 2012, Dani Pedrosa melambung-lambung di paroh kedua kompetisi. Dari 8 sisa balapan, ia menang 6 kali. Untuk mengulanginya, rasanya kok beraaat kali ya!

Pada seri ke-11 di Indianapolis pada 19 Agustus 2012 itu Pedrosa dibekali versi baru RC213V. Terlepas dari strategi Jorge Lorenzo yang banyak main aman saat itu, faktanya pacuan Bung Pedrosa tampil dominan dan juara, juara, dan juara lagi.  Hanya di Misano dan Philips Island ia kalah. Di Misano akibat kesalahan tim teknis di saat start sehingga ia harus berlomba di urutan belakang dan akhirnya tabrakan. Padahal ia pemegang pole di sana. Sementara di Philips Island, takluk dari Casey Stoner yang memang raja di trek itu.

Masih dengan RC213V berbasis sama, ia ingin mengulang memori sama musim ini dan dimulai pada arena yang sama, GP Indianapolis, 16-18 Agustus ini. Namun, tekad boleh sama, tapi situasi tak lagi sama Mas! Pedrosa sadar pacuannya masih harus ditingkatkan karena fakta musim ini masih saling mengalahkan dengan Yamaha. Pada 9 trek berbeda dalam sisa kompetisi musim ini, karakternya pun beda-beda. Sebagian idealnya buat Honda, sebagian lagi cocoknya dengan Yamaha.  

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Lwan pun bukan lagi Lorenzo doang. Kini ada Valentino Rossi yang mulai on fire di atas M1, dan terlebih Marc Marquez esama joki RC213V. Ia sadar perubahan ‘cuaca’ itu, makanya bilang tak mudah mengulangi sukses macm akhir musim 2012. “Terpenting saat ini masih dalam jalur perebutan gelar 2013. Banyak faktor penentu mengulangi kecemerlangan musim lalu, terutama motor yang masih harus ditingkatkan dalam beberapa sektor, khususnya cuaca dingin,” papar Pedrosa yang saat ini tertinggal 16 poin dari Marquez.

Ia memprediksi lawan terberat dalam perebutan gelar adalah Lorenzo dan Marquez. Mereka yang kini menghuni 3 besar klasemen. Lho, Rossi ndak dihitung? Yah, memang realistis sih bos untuk mengesampingan The Doctor dalam perebutan gelar. Maklum sudah tertinggal 46 poin dari Marquez. Entahlah kalau Yamaha benar-benar memasok motornya dengan SSG di sisa musim ini dan bisa bikin keajaiban dengan banyak kemenangan seperti Pedrosa musim lalu.

Secara khusus, Pedrosa pun menyoroti kiprah Marquez yang dinilainya luar biasa dalam proses adaptasinya di kelas para raja. “Untungnya, seperti saya dan Lorenzo, Marc pun tak luput dari kesalahan. Intinya, dalam persaingan ke depan akan sangat ditentukan oleh siapa yang paling sedikit membuat kesalahan. Itu tren kompetisi tahun ini, yang tak bikin banyak kesalahan mendapat poin lebih banyak,” tambahnya.

Untuk meminamilisasi kesalahan itu, katanya, ia akan lebih rileks menghadapi balapan, persiapkan fisik lebih oke, dan berjuang di sesi latihan untuk mebuat motor tetap pada level top saat lomba. “Saya hanya akan jalani satu balapan ke balapan berikutnya dan menjaga performa tetap di papan atas. Itu dimulai dari Indianpolis nanti,” tegasnya dan betul-betul tegas.

Nah, macam mana komentar Lorenzo dan Marquez, tunggu cerita lanjutannya, sama-sama jelang Indianapolis. Begitu Pakde, tabik ahhh! Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013: Rossi Punya Trik, Marquez Siap Nyontek

MotoGP 2013: Gardner pun Yakin Stoner Bakal Tempur Lagi

MotoGP 2013: Gardner pun Yakin Stoner Bakal Tempur Lagi

MotoGP 2013 Jelang Tes SSG M1 Rossi-Lorenzo Di Brno; Nanti Hasilnya??? Belum Tau..!

BAGIKAN