nhk

MotoGP 2013 Spanyol (FP2); Panas Trek Jerez 45 Derajat, Kompon Ban Lengket, 1-5 Rapat

 


ManiakMotor – Luar biasa. Sangat dekat, sangat rapat dan ban juga sangat lengket pada free practice 2 (FP2) MotoGP. Sesi ini berlangsung 3 Mei 2013 yang cuacanya panas untuk ukuran Eropa. Ada lima pembalap yang kompon bannya langsung ngelem dengan trek Jerez, Spanyol. Mereka mencetak 1 menit 39 detik. Sudah kompon dapat grip, ditambah sirkuit hapalan, jadinya padat merayap.  

Tetap pembalap tuan rumah alias Jorge Lorenzo from Yamaha Factory Racing yang lebih hapal dalam balapan sendiri-sendiri mencari waktu. FP2 berlangsung siang bolong di sana – nggak tahu deh ada istilah bolong atau tidak di sana? – panas treknya 45o. Buktinya, para penonton sudah pada telanjang dada tuh di tribun, tapi penonton perempuan nggak lah. Lebih ada bukti lagi silakan lihat RESULTS, di situ ada data suhu dan kondisi lintasan.

Cerita panas, berarti cerita karet ban yang langsung lengket dengan sirkuit. Tire warmer atau alat yang membungkus ban dilengkapi pemanas, setelan suhunya langsung cocok dengan pemenasan alamiah lintasan. Karet ban  segera lumer-lumer sikit. Kan suhu sekitar penentu untuk memengaruhi traksi pada trek.

Begitu dapat panas yang ideal, tancap gas alias gas poll. Maka di sesi awal FP2 Lorenzo sudah mencetak 1 menit 39.6 sekian-sekian detik. “Tentu saja saya senang dengan hasil, walau suhu berubah begitu terik. Agak sulit menjaga kecepatan,” cocor Lorenzo yang tidak mengurai kecepatan dimaksud.

Rapat memang, seperti prediksi sebelumnya di FP langsung pepet-pepetan. Marc Marquez yang ke-5  hanya selisih 0,312 detik dari Lorezo yang mencetak 1:39.562. Catatan Lorenzo ini memang sangat tipis dengan yang diperoleh Cal Crutchlow dan Valentino Rossi saat latihan pra musim yang bermain 39.511 detik.

Lho ada Rossi ya. Kali ini dia hanya ke-4 di belakang Pedrosa dan Cal, tetapi tipis. Silakan tunggu lagi FP3 dan qualifying 2, besok atau Sabtu, 4 Mei 2013. Ito

BERITA TERKAIT:

Hasil MotoGP Jerez 2013 Spanyol, Semua Sesi, 3 – 5 2013

MotoGP 2013 Jerez (Jelang); Rapat Sejak FP, Rossi + Crutchlow ‘Pengacau’ Matador Spanyol

MotoGP 2013 Jerez (FP2): Yamaha Bikin Spanyol Bergetar, Crutchlow + Rossi Jadi Musuh

MotoGP Spanyol 2013 (FP1); Lorenzo Cepat, Ancamam Rossi Di Jerez

MotoGP Spanyol 2013; Valentino Rossi Belum Nongol DI Jerez? Memanfaatkan Sirkuit Eropa


BAGIKAN