nhk

MotoGP 2013 Spanyol Jelang Jerez: Il Grande Rossi, Sensasi dan Selebrasi di Kandang Musuh?

ManiakMotor – Sungguh banyak alasan aksi Valentino Rossi sangat amat menarik ditunggu di MotoGP Spanyol, Sirkuit Jerez, Minggu 5 Mei. Itu terkait masa lalu dan masa terkini The Doctor. Di masa lalu, dalam arti sebelum pindah dan menderita di Ducati periode 2011-2012, Jerez selalu menjadi arena spesial buatnya.

Bukan cuma treknya yang amat disukai Rossi, tapi juga tantangan dan atmosfer penontonnya yang sebagian besar adalah musuh The Doctor sendiri. Bukan rahasia lagi kalau rivalitas Spanyol dan Italia sangat kental di berbagai ajang sport, begitu pun di MotoGP. Singkat kata, di Jerez, Rossi ibarat tarung di sarang macan. Lawan-lawannya yang jadi idola tuan rumah selalu dapat aplaus lebih dan bertarung dengan energi ekstra karena didukung tifosi yang fanatik.

Karena itu Rossi pun  selalu merancang selebrasi unik tatkala menang di Jerez, seolah negeri Spanyol adalah bagian dari negerinya sendiri. Di Jerez, ia memang suka bikin sensasi. Di sana pula fans fanatik Vale46 menyebutnya Il Grande Rossi, Rossi Yang Terbesar. Ia sudah 6 kali menjuarai MotoGP di Jerez.

Salah satu rival sengitnya asal Spanyol adalah Sete Gibernau. Sensasi terbesar kedua rider papan atas itu di Jerez terjadi musim 2005. Rossi dengan Yamahanya start terdepan, Gibernau (Honda) dari sebelahnya. Keduanya diunggulkan jadi juara, keduanya pun sejak sesi awal pol-polan demi poin maksimal karena itu adalah seri pembuka musim 2005.

The Doctor buruk start. Di lap pembuka ia terpuruk ketiga (di belakang Nicky Hayden yang kala itu di Repsol Honda) sedang Gibernau ambil alih terdepan. Lp 5 Rossi merapat kembali di belakang Gibernau dan terus menerornya hingga lap ke-24. Lap 25 Rossi mampu melewati Gibernau dengan aksi nekat, dan kemudian bolak-balik saling sodok hingga last lap (27). Dua tikungan terakhir jelang finish, sensasi besar itu terjadi. Gibernau memforsir diri untuk memepet Rossi. Tapi, yang dilakukan Rossi justru memepet balik dan memaksa Gibernau ke gravel dan nyaris celaka.

Maka, The Doctor pun finish duluan 8,6 detik di depan Gibernau. D tengah aplus penonton Rossi dari tikungan terakhir ke garis finish melaju dengan standing dengan penuh semangat. Sedangkan Gibernau menyusul perlahan dan sangat marah. Itu membuat hubungan Rossi-Gibernau makin parah, jauh lebih buruk dari musim sebelumnya yang sudah buruk. Tak bertegur sapa dan kedua pihak selalu siap perang di lintasan. Media-media Spanyol dan Italia pun seperti ikut perang.

Itu dulu, tapi selalu diungkit-ungkit. Peristiwa itu dimunculkan untuk melecut  semangat rider Spanyol. Agar para Matador makin gahar di depan publiknya sendiri, bahkan beberapa kali juga di depan keluarga kerajaan dan para petinggi pemerintahannya.

Kini, persisnya dalam beberapa hari ke depan, Il Grande Rossi kembali ke Jerez. Lawan beratnya kini tiga anak muda Spanyol sekaligus, Jorge Lorenzo meskipun rekan satu tim di Yamaha, serta duet Repsol Honda Dani Pedrosa dan Marc Marquez. Rossi akui sungguh tak mudah menahan mereka. Tapi, ia optimistis bisa raih hasil maksimal di trek bersejarah baginya itu.

“Jerez selalu jadi sirkuit istimewa buatku. M1 selalu bagus di sana. Setelah buruk di Austin, aku yakin Jerez adalah tempat terbaik untuk mendulang poin,” ujar The Doctor yang telah membuktikan performa M1-nya dalam tes pra musim Maret lalu. Ia, Cal Crutchlow (Monster Yamaha Tech3), dan Jorge Lorenzo memborong semua sesi latihan kala itu.

So acuannya hasil tes pramusim seperti halnya Honda di Austin, M1 punya peluang di Jerez. Berarti juga peluangnya Rossi bikin sensasi dan selebrasi, tapi modelnya macam apa yang ditunggu. Itu memang baru sebatas teori Coy, berdasarkan fakta yang terhampar sebelumnya. Sebab, Honda tentu juga berbenah pasca tes yang buruk di Jerez. Apa saja yang dibenahi, itulah rahasia terbesar jelang raceday Gran Premio bwin de Espana, Minggu, 5 Meiini. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Menuju Jerez; Marquez Merendah, Lorenzo Memuji, Rossi Yakin, Pedrosa Murka

MotoGP 2013 Jelang Jerez: Biarpun Tua, Rossi Masih Terangsang Bikin Rekor

MotoGP 2013: Pedrosa Murka, Dikritik dan Dibandingkan Dengan Rossi

MotoGP 2013: Hmmmm….Andai Valentino Rossi Juara di Circuito de Jerez!

 

BAGIKAN